TY - JOUR
T1 - WEBSITE PERUSAHAAN SEBAGAI MEDIA STORYTELLING (ANALISIS MULTIMODALITAS WEBSITE PT. UNILEVER INDONESIA)
AU - Hatmanti, Gendis Putri
AU - Irwansyah, Irwansyah
PY - 2023/2/4
Y1 - 2023/2/4
N2 - Kehadiran website telah menjadi media komunikasi visual yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meciptakan identitas dan citra perusahaan yang dilakukan melalui strategi storytelling. Selain itu, website difungsikan sebagai storyteller perusahaan yang sekaligus dapat meningkatkan dan memberikan legitimasi terhadap kekuatan perusahaan, serta untuk mengatasi krisis yang dialami oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian analisis multimodalitas. Sedangkan desain penelitian menggunakan semiotika sosial untuk melihat proses pembuatan makna melalui sumber-sumber semiotika. Objek penelitian ini adalah website PT. Unilever Indonesia dan data yang diambil pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan membangun cerita yang menempatkan masyarakat sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan pengelolaan sampah plastik. Padahal, sebagai perusahaan barang konsumsi, PT. Unilever Indonesia seharusnya menjadi aktor yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Isu kesetaraan gender juga ditampilkan dalam cerita perusahaan yang memberikan kesempatan sama antara laki-laki dan perempuan dalam manajemen perusahaan. Adapun sumber semiotika yang digunakan untuk menciptakan makna tersebut, antara lain ilustrasi visual sosok perempuan, tatapan mata, indera, warna, dan verbal.
AB - Kehadiran website telah menjadi media komunikasi visual yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meciptakan identitas dan citra perusahaan yang dilakukan melalui strategi storytelling. Selain itu, website difungsikan sebagai storyteller perusahaan yang sekaligus dapat meningkatkan dan memberikan legitimasi terhadap kekuatan perusahaan, serta untuk mengatasi krisis yang dialami oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian analisis multimodalitas. Sedangkan desain penelitian menggunakan semiotika sosial untuk melihat proses pembuatan makna melalui sumber-sumber semiotika. Objek penelitian ini adalah website PT. Unilever Indonesia dan data yang diambil pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan membangun cerita yang menempatkan masyarakat sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan pengelolaan sampah plastik. Padahal, sebagai perusahaan barang konsumsi, PT. Unilever Indonesia seharusnya menjadi aktor yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Isu kesetaraan gender juga ditampilkan dalam cerita perusahaan yang memberikan kesempatan sama antara laki-laki dan perempuan dalam manajemen perusahaan. Adapun sumber semiotika yang digunakan untuk menciptakan makna tersebut, antara lain ilustrasi visual sosok perempuan, tatapan mata, indera, warna, dan verbal.
KW - Website perusahaan
KW - storytelling
KW - multimodalitas
KW - semiotika sosial
UR - https://ejournal.upnvj.ac.id/JEP/article/view/4537
U2 - 10.33822/jep.v6i1.4537
DO - 10.33822/jep.v6i1.4537
M3 - Article
SN - 2656-050X
VL - 6
SP - 1
EP - 16
JO - Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi
JF - Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi
IS - 1
ER -