Validitas Isi Alat Ukur Burnout Staf Pengajar Fakultas Kedokteran di Indonesia

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Staf pengajar kedokteran memiliki tugas dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau pelayanan kesehatan yang dapat memberikan risiko burnout. Burnout dapat dinilai menggunakan alat ukur seperti Maslach Burnout Inventory Educator Survey (MBI-ES). Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesesuaian konten alat ukur MBI-ES untuk mengetahui burnout staf pengajar kedokteran di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada bulan Februari – Mei 2018. Metode potong lintang dengan pendekatan kualitatif dilakukan melalui 2 tahap, yaitu tahap focus group discussion (FGD) terhadap 17 staf pengajar kedokteran dan tahap kajian dari 24 panel ahli. Analisis tematik data transkripsi verbatim FGD menghasilkan 3 tema utama: tugas dan tanggung jawab staf pengajar, pemahaman burnout, dan MBI-ES modifikasi. Tahap telaah oleh panel ahli menganalisis butir pernyataan MBI-ES modifikasi berdasarkan kesepakatan ≥ 80% panel ahli. Kesepakatan meliputi 3 kategori penilaian. Kategori I adalah butir pernyataan MBI-ES modifikasi yang diterima, kategori II butir yang memerlukan perbaikan bahasa dan redaksional, dan kategori III adalah butir yang dieksklusi karena tidak memiliki konteks burnout yang relevan dengan staf pengajar kedokteran. Disimpulkan bahwa MBI-ES belum dapat menggambarkan burnout yang terjadi pada staf pengajar kedokteran di Indonesia. Penelitian selanjutnya perlu difokuskan pada evaluasi validasi konstruk, proses respons, dan validasi konkuren.
Original languageEnglish
JournaleJournal Kedokteran Indonesia
Publication statusPublished - 2020

Keywords

  • burnout
  • staf pengajar kedokteran
  • validasi isi
  • Maslach Burnout Inventory Educator Survey

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Validitas Isi Alat Ukur Burnout Staf Pengajar Fakultas Kedokteran di Indonesia'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this