Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor

Putu Dihanurita Nursyahbani Kumuda, Novika Stri Wrihatni

Research output: Contribution to conferencePaper

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai unsur pembangun humor dalam pertunjukan ludruk. Sumber data yang digunakan adalah tayangan ludruk Goro-goro Kartolo yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal Jawa Timur, JTV. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tujuan menjelaskan cara membangun humor dalam ludruk Goro-goro Kartolo, JTV. Penelitian terhadap kesenian tradisional dirasa penting dilakukan untuk menambah eksistensi kesenian tradisional yang pada umumnya berada di ambang kepunahan. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa humor dapat dikaji dalam bidang linguistik dengan memanfaatkan unsur-unsur verbal. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif yaitu sifat kajiannya menganalisis data dengan cara eksplorasi, sehingga diperoleh pemahaman mengenai cara membangun humor dalam pertunjukan ludruk. Berdasarkan data terdapat kemunculan ungkapan-ungkapan tabu, antara lain: tabu nama orang, tabu nama kerabat, tabu nama binatang, tabu nama Tuhan, tabu aktivitas seksual, tabu profesi, tabu fisik, tabu sumpah serapah, tabu alat kelamin, tabu kelainan seksual, tabu penyakit, tabu cacat fisik dan tabu cacat mental. Kemunculan ungkapan tabu paling dominan pada pematuhan maksim kesederhanaan dan pelanggaran maksim penghargaan. Berdasarkan hal tersebut, humor dalam ludruk dibentuk melalui pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan dengan memanfaatkan kemunculan ungkapan tabu.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventInternational Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017 - ID, Depok, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …
http://elsevier.com/theconference

Conference

ConferenceInternational Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017
CountryIndonesia
CityDepok
Period1/01/17 → …
Internet address

Keywords

  • humor, ludruk, ungkapan tabu.

Cite this

Kumuda, P. D. N., & Wrihatni, N. S. (2017). Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor. Paper presented at International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017, Depok, Indonesia.
Kumuda, Putu Dihanurita Nursyahbani ; Wrihatni, Novika Stri. / Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor. Paper presented at International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017, Depok, Indonesia.
@conference{08f9f07ae3184434b835556a0f742dd4,
title = "Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor",
abstract = "Penelitian ini membahas mengenai unsur pembangun humor dalam pertunjukan ludruk. Sumber data yang digunakan adalah tayangan ludruk Goro-goro Kartolo yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal Jawa Timur, JTV. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tujuan menjelaskan cara membangun humor dalam ludruk Goro-goro Kartolo, JTV. Penelitian terhadap kesenian tradisional dirasa penting dilakukan untuk menambah eksistensi kesenian tradisional yang pada umumnya berada di ambang kepunahan. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa humor dapat dikaji dalam bidang linguistik dengan memanfaatkan unsur-unsur verbal. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif yaitu sifat kajiannya menganalisis data dengan cara eksplorasi, sehingga diperoleh pemahaman mengenai cara membangun humor dalam pertunjukan ludruk. Berdasarkan data terdapat kemunculan ungkapan-ungkapan tabu, antara lain: tabu nama orang, tabu nama kerabat, tabu nama binatang, tabu nama Tuhan, tabu aktivitas seksual, tabu profesi, tabu fisik, tabu sumpah serapah, tabu alat kelamin, tabu kelainan seksual, tabu penyakit, tabu cacat fisik dan tabu cacat mental. Kemunculan ungkapan tabu paling dominan pada pematuhan maksim kesederhanaan dan pelanggaran maksim penghargaan. Berdasarkan hal tersebut, humor dalam ludruk dibentuk melalui pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan dengan memanfaatkan kemunculan ungkapan tabu.",
keywords = "humor, ludruk, ungkapan tabu.",
author = "Kumuda, {Putu Dihanurita Nursyahbani} and Wrihatni, {Novika Stri}",
year = "2017",
language = "Indonesian",
note = "null ; Conference date: 01-01-2017",
url = "http://elsevier.com/theconference",

}

Kumuda, PDN & Wrihatni, NS 2017, 'Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor' Paper presented at International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017, Depok, Indonesia, 1/01/17, .

Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor. / Kumuda, Putu Dihanurita Nursyahbani; Wrihatni, Novika Stri.

2017. Paper presented at International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017, Depok, Indonesia.

Research output: Contribution to conferencePaper

TY - CONF

T1 - Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor

AU - Kumuda, Putu Dihanurita Nursyahbani

AU - Wrihatni, Novika Stri

PY - 2017

Y1 - 2017

N2 - Penelitian ini membahas mengenai unsur pembangun humor dalam pertunjukan ludruk. Sumber data yang digunakan adalah tayangan ludruk Goro-goro Kartolo yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal Jawa Timur, JTV. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tujuan menjelaskan cara membangun humor dalam ludruk Goro-goro Kartolo, JTV. Penelitian terhadap kesenian tradisional dirasa penting dilakukan untuk menambah eksistensi kesenian tradisional yang pada umumnya berada di ambang kepunahan. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa humor dapat dikaji dalam bidang linguistik dengan memanfaatkan unsur-unsur verbal. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif yaitu sifat kajiannya menganalisis data dengan cara eksplorasi, sehingga diperoleh pemahaman mengenai cara membangun humor dalam pertunjukan ludruk. Berdasarkan data terdapat kemunculan ungkapan-ungkapan tabu, antara lain: tabu nama orang, tabu nama kerabat, tabu nama binatang, tabu nama Tuhan, tabu aktivitas seksual, tabu profesi, tabu fisik, tabu sumpah serapah, tabu alat kelamin, tabu kelainan seksual, tabu penyakit, tabu cacat fisik dan tabu cacat mental. Kemunculan ungkapan tabu paling dominan pada pematuhan maksim kesederhanaan dan pelanggaran maksim penghargaan. Berdasarkan hal tersebut, humor dalam ludruk dibentuk melalui pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan dengan memanfaatkan kemunculan ungkapan tabu.

AB - Penelitian ini membahas mengenai unsur pembangun humor dalam pertunjukan ludruk. Sumber data yang digunakan adalah tayangan ludruk Goro-goro Kartolo yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal Jawa Timur, JTV. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tujuan menjelaskan cara membangun humor dalam ludruk Goro-goro Kartolo, JTV. Penelitian terhadap kesenian tradisional dirasa penting dilakukan untuk menambah eksistensi kesenian tradisional yang pada umumnya berada di ambang kepunahan. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa humor dapat dikaji dalam bidang linguistik dengan memanfaatkan unsur-unsur verbal. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif yaitu sifat kajiannya menganalisis data dengan cara eksplorasi, sehingga diperoleh pemahaman mengenai cara membangun humor dalam pertunjukan ludruk. Berdasarkan data terdapat kemunculan ungkapan-ungkapan tabu, antara lain: tabu nama orang, tabu nama kerabat, tabu nama binatang, tabu nama Tuhan, tabu aktivitas seksual, tabu profesi, tabu fisik, tabu sumpah serapah, tabu alat kelamin, tabu kelainan seksual, tabu penyakit, tabu cacat fisik dan tabu cacat mental. Kemunculan ungkapan tabu paling dominan pada pematuhan maksim kesederhanaan dan pelanggaran maksim penghargaan. Berdasarkan hal tersebut, humor dalam ludruk dibentuk melalui pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan dengan memanfaatkan kemunculan ungkapan tabu.

KW - humor, ludruk, ungkapan tabu.

M3 - Paper

ER -

Kumuda PDN, Wrihatni NS. Ungkapan Tabu dalam Ludruk Humor. 2017. Paper presented at International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017, Depok, Indonesia.