TY - JOUR
T1 - TINJAUAN ANALISIS DESAIN GRAFIS PADA KONTEN INFOGRAFIS TRANSPORTASI DARAT INSTAGRAM DEWAN TRANSPORTASI KOTA JAKARTA: STUDI KASUS TAHUN 2021
AU - Satria, Hardika Widi
AU - Ningtyas, Putri Ayu
AU - Sumirat, Muhammad Anas Ramadhan
PY - 2023/6/28
Y1 - 2023/6/28
N2 - Paper ini membahas desain grafis di dunia periklanan dan pemasaran. Desain Grafis menggunakan kata, gambar dan elemen grafis untuk berkomunikasi serta merupakan bagian dari ekspresi verbal-visual. Infografis saat ini banyak diaplikasikan di dunia periklanan. Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) berusaha membangun brand awareness melalui medium infografis. Infografis yang dibuat merupakan infografis mengenai transportasi darat yang dibuat secara berkelanjutan, berisi tentang ketersediaan transportasi, rute transportasi, jam transportasi, kondisi transportasi, dan kebijakan mengenai transportasi guna membangun brand DTKJ itu tersendiri menjadi sebuah instansi mengenai transportasi di DKI Jakarta yang menarik, aktif, dan sustainable. Instagram digunakan oleh DTKJ sebagai salah satu pendekatan social media marketing dalam usaha penyebaran informasi berbentuk infografis DTKJ kepada khalayak umum. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di DTKJ pada bulan Januari-April 2021. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan, pengkajian, dan aplikasi praktik desain grafis. Hasil dari project ini dapat dilihat pada periode April 2021 dimana salah satu bentuk postingan infografis mendapatkan reach kedua teratas dari keseluruhan postingan Instagram DTKJ yaitu 2.300 reach serta terdapat kenaikan jumlah followers Instagram DTKJ dari 1.945 followers pada Februari 2021 ke 2.500 followers pada April 2021.
AB - Paper ini membahas desain grafis di dunia periklanan dan pemasaran. Desain Grafis menggunakan kata, gambar dan elemen grafis untuk berkomunikasi serta merupakan bagian dari ekspresi verbal-visual. Infografis saat ini banyak diaplikasikan di dunia periklanan. Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) berusaha membangun brand awareness melalui medium infografis. Infografis yang dibuat merupakan infografis mengenai transportasi darat yang dibuat secara berkelanjutan, berisi tentang ketersediaan transportasi, rute transportasi, jam transportasi, kondisi transportasi, dan kebijakan mengenai transportasi guna membangun brand DTKJ itu tersendiri menjadi sebuah instansi mengenai transportasi di DKI Jakarta yang menarik, aktif, dan sustainable. Instagram digunakan oleh DTKJ sebagai salah satu pendekatan social media marketing dalam usaha penyebaran informasi berbentuk infografis DTKJ kepada khalayak umum. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di DTKJ pada bulan Januari-April 2021. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan, pengkajian, dan aplikasi praktik desain grafis. Hasil dari project ini dapat dilihat pada periode April 2021 dimana salah satu bentuk postingan infografis mendapatkan reach kedua teratas dari keseluruhan postingan Instagram DTKJ yaitu 2.300 reach serta terdapat kenaikan jumlah followers Instagram DTKJ dari 1.945 followers pada Februari 2021 ke 2.500 followers pada April 2021.
KW - Jakarta City Transportation Council
KW - Graphic Design
KW - Infographics
KW - Social Media Marketing
KW - Instagram
M3 - Article
SN - 2477-3433
VL - 11
JO - Jurnal Vokasi Indonesia
JF - Jurnal Vokasi Indonesia
IS - 1
ER -