TY - JOUR
T1 - Tingkat Kepuasan Orangtua Pasien di Pediatri Rawat Jalan Departemen Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
AU - Sinaga, James L. Alvin
AU - Soedibyo, Soepardi
AU - Purwanto, Harry S.
AU - Pulungan, Aman B.
PY - 2006
Y1 - 2006
N2 - Latar belakang. Sejak tahun 2000 hingga kuartal I tahun 2005 angka kunjunganpasien rawat jalan mengalami penurunan secara gradual di Unit Rawat Jalan DepartemenIlmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo (URJDepartemen IKA RSUP CM) Jakarta. Kecenderungan penurunan angka kunjunganpasien merupakan indikator bagi pengelola untuk meninjau kembali strategi pelayanandi Pediatri Rawat Jalan.Tujuan Penelitian. Meneliti tingkat kepuasan orangtua pasien yang membawa anaknyaberobat jalan di URJ Departemen IKA RSCM.Metoda penelitian. Studi survai deskriptif dengan metode potong lintang (crosssectional) dilakukan di URJ Departemen IKA RSCM dalam kurun waktu Agustus –Nopember 2005. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang terstrukturberisi 30 pertanyaan.Hasil penelitian. Dari 144 orang tua pasien, enam puluh dua persen orangtua pasienmerasa puas terhadap kualitas pelayanan, skor kepuasan total terhadap dimensi kualitaspelayanan 3,55 (puas). Bukti fisik (tangibility) memberi skor kepuasan tertinggisedangkan kehandalan pelayanan (reliability) memberi skor kepuasan terendah bagiorangtua pasien.Kesimpulan. Kualitas pelayanan di URJ Departemen IKA RSCM memuaskan (skor3,55) dan persentase orangtua pasien yang puas 62%.
AB - Latar belakang. Sejak tahun 2000 hingga kuartal I tahun 2005 angka kunjunganpasien rawat jalan mengalami penurunan secara gradual di Unit Rawat Jalan DepartemenIlmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo (URJDepartemen IKA RSUP CM) Jakarta. Kecenderungan penurunan angka kunjunganpasien merupakan indikator bagi pengelola untuk meninjau kembali strategi pelayanandi Pediatri Rawat Jalan.Tujuan Penelitian. Meneliti tingkat kepuasan orangtua pasien yang membawa anaknyaberobat jalan di URJ Departemen IKA RSCM.Metoda penelitian. Studi survai deskriptif dengan metode potong lintang (crosssectional) dilakukan di URJ Departemen IKA RSCM dalam kurun waktu Agustus –Nopember 2005. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang terstrukturberisi 30 pertanyaan.Hasil penelitian. Dari 144 orang tua pasien, enam puluh dua persen orangtua pasienmerasa puas terhadap kualitas pelayanan, skor kepuasan total terhadap dimensi kualitaspelayanan 3,55 (puas). Bukti fisik (tangibility) memberi skor kepuasan tertinggisedangkan kehandalan pelayanan (reliability) memberi skor kepuasan terendah bagiorangtua pasien.Kesimpulan. Kualitas pelayanan di URJ Departemen IKA RSCM memuaskan (skor3,55) dan persentase orangtua pasien yang puas 62%.
UR - https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/809
U2 - 10.14238/sp8.2.2006.135-41
DO - 10.14238/sp8.2.2006.135-41
M3 - Article
SN - 0854-7823
VL - 8
SP - 135
EP - 141
JO - Sari Pediatri
JF - Sari Pediatri
IS - 2
ER -