TY - JOUR
T1 - Tingkat Kecerdasan Emosional Mahasiswa Ilmu Keperawatan: Dilihat dari Masa Studi dan Pengalaman Praktikum di Rumah Sakit
AU - Wiska, Nadia
AU - Widyatuti, null
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan untuk merasakan emosi, mengendalikan perasaan dan pikiran, serta mengatur emosi yang dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman praktik seseorang. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional) ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, jenis kelamin, masa studi dan pengalaman praktikum di rumah sakit dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ilmu keperawatan. Sampel sebesar 198 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan bermakna antara masa studi dengan tingkat kecerdasan emosional ρ = 0,021 (< α = 0,05) dan pengalaman praktikum di rumah sakit dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ρ = 0,046 (< α = 0,05). Sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna antara usia dan jenis kelamin dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa. Penelitian ini diharapkan membantu Institusi Pendidikan Keperawatan mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswa nya.
AB - Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan untuk merasakan emosi, mengendalikan perasaan dan pikiran, serta mengatur emosi yang dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman praktik seseorang. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional) ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, jenis kelamin, masa studi dan pengalaman praktikum di rumah sakit dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ilmu keperawatan. Sampel sebesar 198 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan bermakna antara masa studi dengan tingkat kecerdasan emosional ρ = 0,021 (< α = 0,05) dan pengalaman praktikum di rumah sakit dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ρ = 0,046 (< α = 0,05). Sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna antara usia dan jenis kelamin dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa. Penelitian ini diharapkan membantu Institusi Pendidikan Keperawatan mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswa nya.
M3 - Article
SN - 2356-3060
JO - Jurnal Ners Widya Husada
JF - Jurnal Ners Widya Husada
ER -