The influence of Guided Imagery and Music (GIM) relaxation on primary school teachers’ stress

Research output: Contribution to journalArticle

Abstract

Latar belakang: Stres dapat menimpa berbagai profesi dan pekerjaan. Guru sekolah dasar merupakan salah satu profesi yang rentan terhadap stres. Stres ini dapat berpengaruh terhadap kinerja guru, oleh karena itu stress harus diatasi. Salah satu cara untuk menurunkan stres adalah relaksasi dengan terapi musik. Bagian dari terapi musik adalah Guided Imagery and Music (GIM). Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relaksasi GIM terhadap stres guru sekolah dasar negeri di kabupaten Sekadau, Kalimantan barat.

Metode: 40 orang responden guru diikut sertakan dalam penelitian ini melalui cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan metode quasi eksperiment pre-post dengan grup kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik individu dan masa kerja, stressor kerja (menggunakan kuesioner SDS) dan stres guru (menggunakan kuesioner SCL-90). Relaksasi GIM diberikan sebanyak 5 sesi dalam waktu ±20 menit setiap sesi selama 1 minggu.

Hasil: 77.5% responden memiliki tingkat stress sedang pada stressor beban pekerjaan kualitatif berlebih. Penilaian awal stress didapatkan 77.5% responden mengalami gejala psikopatologi dengan gejala terbanyak adalah obsesi-kompulsif (27.5%). Terdapat penurunan rerata stres yang bermakna pada guru SD yang mendapat relaksasi GIM dengan perbedaan mean 3.00±6.29 (p=0.046) dan peningkatan rerata stress pada kelompok kontrol -1.45±7.72 (p=0.412).

Kesimpulan: Intervensi GIM berpengaruh terhadap penurunan tingkat stress pada guru SD yang menjalani relaksasi GIM. (Health Science Journal of Indonesia 2018;9(1):45-50)
Original languageEnglish
JournalHealth Science Journal of Indonesia
Publication statusPublished - 2018

Fingerprint Dive into the research topics of 'The influence of Guided Imagery and Music (GIM) relaxation on primary school teachers’ stress'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this