Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk Perawatan Tubuh

Paramita Purnama, Rosita Anggraini, Arintowati Hartono, Niken Febrina Ernungtyas

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sosial media Instagram mengubah komunikasi pemasaran menjadi interaktif. Di sisi lain pendekatan konvensional seperti word of mouth masih digunakan untuk mendorong keputusan pembelian. Penelitian membahas empat konsep utama yaitu terpaan iklan di media sosial, word of mouth, dan komunikasi pemasaran interaktif sebagai variabel independent. Sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara terpaan iklan, word of mouth dan komunikasi pemasaran interaktif terhadap keputusan pembelian dalam konteks produk dan jasa perawatan tubuh. Penelitian mengumpulkan data melalui survei secara online. Responden (n= 100) berasal dari follower akun Instagram@ thecliniccipete dan dipilih berdasarkan keanggotaan atau pernah melakukan pembelian sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk data demografi dan analisis bivariat untuk variabel. Analisis bivariat menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji tiga hipotesis. Hasil uji regresi menunjukkan secara statistik seluruh hipotesis memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan tingkat kekuatan pengaruh yang berbeda-beda. Variabel terpaan iklan dan word of mouth menunjukkan berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian. Namun komunikasi pemasaran interaktif menunjukkan pengaruh moderat terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan ketiga hipotesis tersebut diketahui word of mouth merupakan variabel paling kuat yang menjelaskan keputusan pembelian dalam konteks produk dan jasa perawatan tubuh.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)192-209
Number of pages17
JournalKomunida : Media Komunikasi dan Dakwah
Volume9
Issue number2
Publication statusPublished - 31 Dec 2019

Cite this