Abstract
Latar Belakang: Rekam Medis Elektronik (RME) di Indonesia saat ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit (RS). Manfaat dari RME adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penerapan RME tidak hanya memberikan manfaat, namun juga tantangan dalam perencanaan dan prosesnya agar dapat memberikan hasil yang optimal. Tujuan Penelitian: Menganalisa dan mengidentifikasi tantangan dalam pemanfaatan RME terkait peningkatan kualitas pelayanan di RS. Metode Penelitian: Strategi pencarian literatur dalam peneliatain ini berdasarkan pada panduan Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA) menggunakan database PubMed dan Cochrane dengan kata kunci yang relevan. Hasil: Berdasarkan literatur yang memenuhi kriteria penelitian, semua artikel menyebutkan bahwa implementasi RME dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas pelayanan, diantaranya dalam hal efisiensi dan efektivitas waktu pelayanan karena kemudahan dalam mengakses data pasien, penurunan angka mortalitas pasien rawat inap, penurunan angka risiko readmisi pasien, dan penurunan angka mortalitas 48 jam pasca operasi. Beberapa masalah yang sering dihadapi, di antaranya dukungan yang rendah dari tenaga kesehatan pemberi pelayanan, tidak terpenuhinya sarana dan prasarana sistem TI penunjang RME, buruknya sistem keamanan data, dan tidak efisien biaya dalam implementasi RME. Kesimpulan: Implementasi RME di RS memiliki banyak keuntungan dalam efisiensi pelayanan, namun hal tersebut memiliki banyak persyaratan yang harus terpenuhi agar sistem RME dapat berjalan dengan optimal.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 11389–11399 |
Journal | Innovative: Journal Of Social Science Research |
Volume | 4 |
Issue number | 3 |
Publication status | Published - 11 Jun 2024 |
Keywords
- Rekam Medis Elektronik
- Kualitas Pelayanan
- Rumah Sakit