Synthesis of Artemether by Bifungtional Catalyst in One Pot Reaction System and Cytotoxocity Test Against L1210 Leukemia Cells

Lia Nurliana, Harmita, Silvester S. Tursiloadi, L.B. S Kardono

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Artemisinin dikenal sebagai obat herbal dari Cina yang diisolasi dari tanaman Artemisia annua L. Artemisinin dikenal sebagai obat demam dan antimalaria, selain itu artemisinin dan turunannya juga berpotensi sebagai antikanker. Hal ini karena artemisinin merupakan senyawa seskuiterpen lakton dengan gugus unik peroksida. Penelitian ini bertujuan memodiiikasi struktur artemisinin menjadi artemeter menggunakan katalis padat Ni/TiO2-SO4 melalui proses hidrogenasi dan metilasi alkohol dalam satu wadah reaksi dan menguji aktivitas sitotoksiknya terhadap sel leukemia L1210 secara in vitro. Katalis padat yang digunakan pada penelitian ini tersusun dari logam Ni sebagai pusat aktif, TiO2 sebagai penyangga katalis dan sulfat sebagai promotor. Artemeter yang dihasilkan berupa kristal putih dengan rendemen sebesar 1,29% sebagai minor produk dan masih terdapat senyawa interrnediet yaitu dihidroartemisinin dengan rendemen sebesar 19%. Artemeter hasil sintesis mempunyai aktivitas antikanker terhadap sel leukemia L1210 dengan nilai IC50 3,07µg/mL, sehingga artemeter hasil sintesis berpotensi sebagai senyawa antikanker.
Original languageEnglish
JournalJurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia
Publication statusPublished - 2012

Fingerprint Dive into the research topics of 'Synthesis of Artemether by Bifungtional Catalyst in One Pot Reaction System and Cytotoxocity Test Against L1210 Leukemia Cells'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this