Studi Pengurangan Biaya Fabrikasi Struktur Dek Kapal dengan Hybrid GA

Gerry Liston Putra, Mitsuru Kitamura, Akihiro Takezawa

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Efek dari krisis ekonomi global adalah menurunnya aktivitas ekspor dan impor yang mempengaruhi terhadap menurunnya permintaan pembangunan kapal baru. Hal ini mengakibatkan galangan kapal melakukan efisiensi di seluruh aspek untuk tetap bertahan salah satunya dengan mengurangi biaya produksi sebuah kapal. Banyak studi terkait pengurangan berat dan biaya yang telah dilakukan dengan menggunakan metode optimasi. Penulis memilih struktur dek kapal yang terdiri dari pelat dan stiffener sebagai studi kasus. Pada studi ini, penulis mengoptimasi biaya fabrikasi struktur dek kapal yang terdiri dari biaya material dan biaya pengelasan dengan menggunakan hybrid algoritma genetika yang mengkombinasikan algoritma genetika dan metode optimasi lanjut. Algoritma genetika mengoptimasi variabel desain diskrit yang terdiri dan jumlah stiffener dan ukuran stiffener sedangkan metode optimasi lainnya mengoptimalkan variabel desain kontinyu yang terdiri dari jarak stiffener dan ketebalan pelat. Penulis mengambil bagian dari dek kapal tanker menjadi target optimasi yang kemudian dibandingkan hasilnya dengan data awal kapal. Hasil menunjukkan bahwa metode optimasi ini dapat mengurangi biaya fabrikasi dek kapal hingga 25 %.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)273-280
JournalJurnal Teknik Sipil
Volume26
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 23 Dec 2019

Keywords

  • Biaya fabrikasi
  • struktur dek
  • hybrid GA
  • variabel diskrit
  • variabel kontinyu

Cite this