Studi Observasi terhadap Penggunaan Aplikasi LINE oleh Generasi Millenial

Research output: Contribution to journalArticle

Abstract

Generasi Millenial saat ini sangat peka dengan eksistensi new media dan salah satu jejaring sosial yang kerap digunakan adalah aplikasi LINE dimana generasi millenial dapat melakukan aktifitas sosial menggunakan aplikasi tersebut. New Media” (Media Baru) pada umumnya mengacu pada konten/isi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan (on-demand) yang dapat diakses melalui Internet dan dapat diakses pada setiap perangkat digital, biasanya mengandung umpan balik (feedback) pengguna, interaktif, dan partisipasi kreatif. Melalui pendekatan kualitatif, dengan studi observasi literatur, penulis mencoba mengaitkan perilaku generasi millenial dalam menggunakan aplikasi LINE melalui terosi uses and gratification. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir diantara tahun 1980-an sampai 2000-an sebagai generasi millenial. Dapat dikatakan bahwa generasi millenial merupakan generasi muda masa kini yang saat ini berusia dalam rentang usia 15 sampai dengan 34 tahun. Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana generasi millenial melalui proses gratification sought dan gratification obtain setelah menggunakan aplikasi LINE. Berdasarkan hasil riset ditemukan bahwa LINE adalah salah satu Social News Sites yang sangat digemari oleh generasi Millenial.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Sosial Humaniora Terapan
Publication statusPublished - 31 Dec 2018

Cite this