Studi Harmonisa Akibat Komponen Penyearah Pada Gardu Traksi Kereta Rel Listrik (KRL)

Ahmad Zamzami, I Made Ardita Y, Faiz Husnayain

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sistem elektrifikasi pada Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek memakai sistem arus searah 1500 VDC. Sistem saluran atas 1.500 VDC disuplai dari gardu traksi yang dilengkapi dengan komponen penyearah silicon rectifier. Komponen penyearah ini dapat menghasilkan harmonisa yang bisa mendistorsi sumber tegangan menengah 20 kV PLN dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan rusaknya peralatan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan dan arus harmonisaserta merancang filter harmonisapada gardu traksi KRL. Hasil pengukuran distorsi harmonisa pada kubikel 20kV/1.2kV gardu traksi dengan PQA menunjukkan THD-v maksimum sebesar3,43 % (sesuai standar IEEE) dan THD-i maksimum sebesar 94,86%. Nilai TDD maksimum 0,73% (sesuai standar IEEE), namun IHD-i orde ke-5, ke-7, dan ke-11 melebihi standar IEEE, dengan nilai masing-masing 70,04%, 43,38%, dan 21,5%. Pemasangan filter harmonisadi titik pengukuran dari hasil simulasi menggunakan ETAP 12.6.0 menunjukkan hasil yang paling optimum dengan nilai THD-i turun menjadi 0,00%.
Original languageIndonesian
JournalCYCLOTRON
Volume3
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - Jul 2020

Keywords

  • Filter harmonisa
  • gardu traksi
  • harmonisa
  • Kereta Rel Listrik (KRL)

Cite this