TY - JOUR
T1 - STRATEGI REBRANDING PADA RUMAH SAKIT DI INDONESIA: TINJAUAN LITERATUR
AU - Andriani, Helen
PY - 2022/10/13
Y1 - 2022/10/13
N2 - Branding pada dunia pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit sangat penting dalam strategi marketing, terutama di era digital saat ini dimana kebanyakan orang mencari informasi dari internet. Rebranding adalah penciptaan nama, istilah, simbol, desain baru atau kombinasinya untuk merek yang sudah mapan dengan tujuan mengembangkan posisi (baru) yang berbeda di benak pemangku kepentingan (stakeholder) dan kompetitor. Hal ini merupakan tindakan yang berisiko tinggi dalam perspektif reputasi, serta memerlukan biaya yang besar. Sehingga keputusan untuk melakukan rebranding perlu didukung teori dan penelitian yang kuat. Artikel ini merupakan literature review yang bertujuan untuk menganalisis strategi rebranding pada rumah sakit di Indonesia. Pencarian melalui database ProQuest, SpringerLink, ScienceDirect, Scopus, Garuda, dan Google Scholar. Artikel ini menggunakan PICO sebagai framework, dengan kata kunci “rebrandingâ€, “rumah sakitâ€, “strategiâ€, dan “Indonesiaâ€. Artikel ini memiliki kriteria inkluasi berupa artikel yang terbit dalam 5 tahun terakhir (2017-2022), menggunakan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia, merupakan artikel dengan topik strategi rebranding di rumah sakit. Sedangkan kriteria eksklusinya adalah artikel yang tidak full teks, rumah sakit di luar Indonesia, dan artikel yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian. Pada tahap pencarian awal didapatkan 286 artikel, setelah dilakukan penyaringan sesuai dengan kriteria, didapatkan 2 artikel yang sesuai. Artikel tersebut dianalisis kesesuaian topik, latar belakang, tujuan, metode penelitian hingga hasil dan pembahasan dari setiap artikel. Pada hasil didapatkan bahwa strategi yang dinilai paling efektif ialah publikasi yang menggunakan media promosi seperti media cetak dan media digital.
AB - Branding pada dunia pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit sangat penting dalam strategi marketing, terutama di era digital saat ini dimana kebanyakan orang mencari informasi dari internet. Rebranding adalah penciptaan nama, istilah, simbol, desain baru atau kombinasinya untuk merek yang sudah mapan dengan tujuan mengembangkan posisi (baru) yang berbeda di benak pemangku kepentingan (stakeholder) dan kompetitor. Hal ini merupakan tindakan yang berisiko tinggi dalam perspektif reputasi, serta memerlukan biaya yang besar. Sehingga keputusan untuk melakukan rebranding perlu didukung teori dan penelitian yang kuat. Artikel ini merupakan literature review yang bertujuan untuk menganalisis strategi rebranding pada rumah sakit di Indonesia. Pencarian melalui database ProQuest, SpringerLink, ScienceDirect, Scopus, Garuda, dan Google Scholar. Artikel ini menggunakan PICO sebagai framework, dengan kata kunci “rebrandingâ€, “rumah sakitâ€, “strategiâ€, dan “Indonesiaâ€. Artikel ini memiliki kriteria inkluasi berupa artikel yang terbit dalam 5 tahun terakhir (2017-2022), menggunakan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia, merupakan artikel dengan topik strategi rebranding di rumah sakit. Sedangkan kriteria eksklusinya adalah artikel yang tidak full teks, rumah sakit di luar Indonesia, dan artikel yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian. Pada tahap pencarian awal didapatkan 286 artikel, setelah dilakukan penyaringan sesuai dengan kriteria, didapatkan 2 artikel yang sesuai. Artikel tersebut dianalisis kesesuaian topik, latar belakang, tujuan, metode penelitian hingga hasil dan pembahasan dari setiap artikel. Pada hasil didapatkan bahwa strategi yang dinilai paling efektif ialah publikasi yang menggunakan media promosi seperti media cetak dan media digital.
KW - Rebranding
KW - Hospital
KW - Strategy
KW - Indonesia
UR - https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/view/20569/0
U2 - 10.32493/jk.v10i1.y2022.p%25p
DO - 10.32493/jk.v10i1.y2022.p%25p
M3 - Literature review
SN - 2406-8616
VL - 1
SP - 13
EP - 22
JO - KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang
JF - KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang
IS - 1
ER -