STRATEGI PERSONAL SELLING PT. ASURANSI UMUM MEGA DALAM MENINGKATKAN NASABAH

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Perkembangan Industri Asuransi yaitu dalam meningkatkan jumlah nasabah khususnya pada PT Asuransi Umum Mega mengalami persaingan yang ketat, agar dapat bersaing dengan perusahaan asuransi lainnya perusahaan asuransi harus memilih cara yang efektif dalam memperkenalkan, memasarkan produknya dan juga untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan menerapkan strategi personal selling. Salah satu komunikasi yang dilakukan dengan strategi personal selling yang termasuk dalam elemen Bauran Promosi. Adapun langkah-langkah personal selling yaitu (1) Prospekting dan Kualifikasi, (2) Pra-Pendekatan, (3) Pendekatan, (4) Presentasi, (5) Penanganan Keberatan, (6) Penutup penjualan, (7) Tindak lanjut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Secara garis besar dalam penelitian ini perusahaan Asuransi Umum Mega untuk meningkatkan jumlah nasabah menggunakan strategi personal selling. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada PT Asuransi Umum Mega diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, langkah-langkah pelaksanaan personal selling pada PT Asuransi Umum Mega sudah dijalankan dengan baik. Kedua, dampak dari pelaksanaan personal selling meningkat nya jumlah nasabah di PT Asuransi Umum Mega. Pelaksanaan strategi personal selling ini tidak terlepas dari adanya kendala yang di hadapi oleh PT Asuransi Umum Mega yaitu persaingan dengan perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Di PT Asuransi Umum Mega personal selling dijalankan oleh staf marketing dibawah departemen marketing
Original languageIndonesian
Pages (from-to)118–127
JournalNusantara Journal of Multidisciplinary Science
Volume1
Issue number6
Publication statusPublished - 9 Mar 2023

Cite this