Strategi Personal Branding dalam Pemenangan Pemilu Legislatif (Studi Kasus Ir. Ridwan Bae di Sulawesi Tenggara)

Sumaryono Sumaryono, Niken Febrina Ernungtyas, Guntur Freddy Prisanto

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Personal branding menjadi salah satu strategi untuk pemenangan pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi personal branding calon anggota legislatif pada pemilu. Personal branding pada legislatif belum banyak muncul pada diskursus akademik dibandingkan dengan personal branding presiden atau kepala daerah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus Ir. Ridwan Bae seorang politisi dari Partai Golkar di daerah pemilihan Sulawesi Tenggara. Tiga orang informan diwawancarai secara terstruktur dan mendalam. Hasil wawancara dianalisis dengan analisis tematik menggunakan tiga tahap koding kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ada tiga strategi personal branding tersebut adalah citra, atribusi rasional dan atribusi emosional.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)64-83
Number of pages19
JournalJurnal Komunikasi dan Kajian Media
Volume5
Issue number1
Publication statusPublished - 30 Apr 2021

Cite this