Abstract
Personal branding menjadi salah satu strategi untuk pemenangan pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi personal branding calon anggota legislatif pada pemilu. Personal branding pada legislatif belum banyak muncul pada diskursus akademik dibandingkan dengan personal branding presiden atau kepala daerah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus Ir. Ridwan Bae seorang politisi dari Partai Golkar di daerah pemilihan Sulawesi Tenggara. Tiga orang informan diwawancarai secara terstruktur dan mendalam. Hasil wawancara dianalisis dengan analisis tematik menggunakan tiga tahap koding kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ada tiga strategi personal branding tersebut adalah citra, atribusi rasional dan atribusi emosional.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 64-83 |
Number of pages | 19 |
Journal | Jurnal Komunikasi dan Kajian Media |
Volume | 5 |
Issue number | 1 |
Publication status | Published - 30 Apr 2021 |