TY - JOUR
T1 - STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNTUK MENYOKONG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMA BAKTI MULYA 400
AU - Wardhana, Arya Wijaya Pramodha
AU - Laksmi, null
AU - Rahmi, null
AU - Sugihartati, Rahma
PY - 2024
Y1 - 2024
N2 - Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah memiliki peran krusial dalam memperkaya pengetahuan dan meningkatkan sekaligus memberikan stimultan terhadap minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang terstruktur dan mempertimbangan kelemahan serta kekuatan dari sumber daya yang dimiliki perpustakaan. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap dari lima tahapan umum perencanaan strategis untuk pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Tahap awal melibatkan penilaian kondisi internal dan eksternal, di mana observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kondisi-kondisi yang ada. Langkah berikutnya melibatkan identifikasi isu-isu strategis dengan menggunakan analisis SWOT. Dengan pendekatan ini, peneliti berusaha mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat memengaruhi pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Terakhir, tahap ketiga melibatkan analisis implementasi dan evaluasi dari upaya pengembangan koleksi di perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400. Dengan menerapkan metode kualitatif jenis deskriptif dengan penerapan pendekatan studi kasus. Penelitian bertujuan membentuk pemahaman yang mendalam mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternal Perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini berusaha menggambarkan secara rinci karakteristik, dinamika, serta faktor-faktor yang memengaruhi perpustakaan tersebut. Hasil kajian diharapkan dapat memberikan saran yang dapat diterima oleh semua pihak terkait, serta menjadi bahan diskusi lanjutan dalam konteks yang sama pada masa yang akan datang.
AB - Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah memiliki peran krusial dalam memperkaya pengetahuan dan meningkatkan sekaligus memberikan stimultan terhadap minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang terstruktur dan mempertimbangan kelemahan serta kekuatan dari sumber daya yang dimiliki perpustakaan. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap dari lima tahapan umum perencanaan strategis untuk pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Tahap awal melibatkan penilaian kondisi internal dan eksternal, di mana observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kondisi-kondisi yang ada. Langkah berikutnya melibatkan identifikasi isu-isu strategis dengan menggunakan analisis SWOT. Dengan pendekatan ini, peneliti berusaha mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat memengaruhi pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Terakhir, tahap ketiga melibatkan analisis implementasi dan evaluasi dari upaya pengembangan koleksi di perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400. Dengan menerapkan metode kualitatif jenis deskriptif dengan penerapan pendekatan studi kasus. Penelitian bertujuan membentuk pemahaman yang mendalam mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternal Perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini berusaha menggambarkan secara rinci karakteristik, dinamika, serta faktor-faktor yang memengaruhi perpustakaan tersebut. Hasil kajian diharapkan dapat memberikan saran yang dapat diterima oleh semua pihak terkait, serta menjadi bahan diskusi lanjutan dalam konteks yang sama pada masa yang akan datang.
KW - Pengembangan Koleksi
KW - Perpustakaan Sekolah
KW - Perencanaan Strategis
KW - Analisis SWOT
KW - Proses Belajar Mengajar
UR - https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1284
M3 - Article
SN - 2656-505X
VL - 6
JO - Jurnal Tinta
JF - Jurnal Tinta
IS - 1
ER -