Strategi Narasi dalam Membentuk Kesadaran atas Keberagaman: Analisa Perbandingan Buku Cerita Anak dari Indonesia, Amerika dan Jepang

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Dalam keadaan politik Indonesia yang cenderung menggunakan isu SARA sebagai alat politik, kekhawatiran terbesar adalah makin tergerusnya rasa toleransi terutama pada anak-anak. Karya sastra anak dengan tema multikulturalisme dapat membantu anak untuk mengidentifikasi budayanya sendiri dan budaya lain serta membuka ruang dialog. Hefflin and BarksdaleLadd (2001) berargumen bahwa anak-anak memiliki kecenderungan mengidentifikasi dan mencari keterkaitan diri mereka dengan tokoh atau situasi yang ada dalam buku cerita yang mereka baca. Dari hasil observasi awal peneliti, di Indonesia, belum banyak buku cerita anak yang mengusung tema perbedaan dan keberagaman. Sejauh ini, wacana multikulturalisme di Indonesia masih dalam tataran mengenali dan merayakan (recognition dan celebration) perbedaan sehingga dampaknya tidak terlalu signifikan. Beberapa peneliti mengenai pendidikan multikulturalisme melalui karya sastra memaparkan beberapa langkah yang bisa diambil agar kita tidak hanya sekedar ‘merayakan multikulturalisme’ (the perspective of celebratory multiculturalism). Langkah-langkah yang bisa diambil adalah membangun kesadaran keberagaman melalui eksposisi terhadap pengetahuan kebudayaan diri sendiri maupun kebudayaan orang lain, meningkatkan rasa menghargai terhadap perbedaan kebudayaan dan mengenali bahwa setiap kelompok memiliki nilai-nilai yang berbeda (tidak memaksakan nilai yang kita miliki terhadap kelompok lain). Pertanyaan utama penelitian ini adalah strategi narasi apakah yang digunakan buku cerita anak di Indonesia dalam membangun kesadaran keberagaman dan menghargai perbedaan agama, ras, etnis dan gender? Buku cerita yang dipilih sebagai studi kasus adalah Cap Go Meh oleh Sofie Dewayani, Rainbow/Pelangi oleh Melly Sutjitro dan Tetap Teman meski Beda oleh Nurul Hidayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana buku cerita anak di Indonesia mengkonstruksi pemaknaan terhadap keberagaman dan pada akhirnya dapat mensintesakan strategi-strategi efektif yang diharapkan dapat digunakan penulis buku cerita anak lainnya diIndonesia.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventSeminar Nasional 2017 Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Komisariat Universitas Negeri Yogyakarta - ID, Yogyakarta, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …

Conference

ConferenceSeminar Nasional 2017 Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Komisariat Universitas Negeri Yogyakarta
Country/TerritoryIndonesia
CityYogyakarta
Period1/01/17 → …

Keywords

  • sastra anak, strategi narasi, keberagaman.

Cite this