Strategi Meningkatkan Kinerja Produk Ayam melalui Pengembangan Kanvas Model Bisnis

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

ALIO merupakan salah satu perusahaan skala menengah di Indonesia yang bergerak di bidang usaha perdagangan ayam di Jakarta dengan nama toko Ayam ALIO. Usaha ini menjual ayam broiler, red, dan parent stock (disebut ayam untuk selanjutnya). Meski sudah berdiri sejak tahun 1976, ternyata bisnisnya masih dikelola secara tradisional sehingga belum ada terobosan. Studi kami bertujuan menganalisis kanvas model bisnis Ayam ALIO. Kami melakukan studi antara Desember 2022 dan Maret 2023 dan melakukan evaluasi model bisnis berdasarkan kuesioner SWOT (Osterwalder dan Pigneur 2020). Temuan menunjukkan bahwa tingkat kekuatan-peluang sekitar 71% dan tingkat kelemahan-ancaman sekitar 63%. Ini menunjukkan celah di kedua sisi: 71 persen SO membutuhkan peningkatan dan 63 persen WO membutuhkan pengurangan. Pendekatan business coaching telah menghasilkan pembentukan kanvas model bisnis yang lebih baik. Peningkatan level SO menjadi 84 persen dan peningkatan level WO menjadi 24 persen. Perbaikan ini menjadi salah satu bentuk adaptasi bisnis terhadap perubahan lingkungan yang diharapkan dapat memperbaiki kinerja bisnis ALIO. Studi kasus dengan pendekatan business coaching ini telah memfasilitasi proses pemecahan masalah bisnis secara terfokus dan melibatkan pengusaha terkait.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)216–225
JournalJurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Volume19
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 2023

Keywords

  • Business Model Canvas
  • Chicken Trading
  • Micro Small Medium Enterprises
  • SWOT Analysis
  • Business Model Development

Cite this