Sebaran Topik Skripsi Mahasiswa Prodi Strata Satu (S1) Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Tahun 2013-2017

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI selama periode 2013-2017 dalam memilih lokus dan topik penelitian untuk menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pola pemilihan lokus dan topik penelitian tersebut. Data yang digunakan adalah skripsi mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung memilih lokus selain pusat informasi atau lembaga informasi seperti perpustakaan maupun pusat arsip dan rekod, juga lembaga lain seperti museum dan taman bacaan. Film, novel dan sosial media, penyebaran informasi, maupun orang dijadikan objek penelitian ketika mahasiswa meneliti tentang pengetahuan, perilaku, dan perspektif terhadap suatu hal. Kemajuan teknologi dan media informasi serta perkembangan keilmuan menyebabkan semakin banyaknya lokus dan topik penelitian yang bisa dieksplorasi dan tidak terbatas hanya pada topik yang berkaitan dengan pusat informasi atau lembaga informasi saja, tetapi dapat meluas sampai budaya informasi pada suatu masyarakat. Di sisi lain, penelitian dengan topik yang berkaitan dengan fasilitas dan layanan serta manajemen suatu pusat informasi atau lembaga informasi juga banyak dibahas oleh mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran dan masukan sebagai bahan pertimbangan evaluasi bagi akademisi dan profesional di bidang keilmuan Ilmu Perpustakaan dan informasi untuk dapat mengembangkan bidang keilmuan tersebut agar lebih maju dan lebih baik lagi serta dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Original languageEnglish
JournalJurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Publication statusPublished - 2020

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Sebaran Topik Skripsi Mahasiswa Prodi Strata Satu (S1) Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Tahun 2013-2017'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this