Abstract
Menulis adalah salah satu dari kemahiran bahasa yang dilatih, diuji, dan dinilai. Seringkali, pengajar menemui kesulitan terutama dalam melakukan penilaian karena tidak mudah membuat kriteria penilaian yang objektif, valid, dan reliabel. Untuk itu dibutuhkan rubrik penilaian yang sesuai dengan standar, misalnya penilaian Kemahiran Bahasa Jerman menurut Kesepakatan Uni Eropa untuk Jenjang Kompetensi Bahasa (Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen/GeR). Dalam penelitian ini, penulis mengangkat masalah penelitian mengenai kriteria penilaian seperti apa yang muncul dalam rubrik penilaian sesuai GeR dan apakah rubrik penilaian itu sesuai dengan tujuan pembelajaran bagi mahasiswa Sastra Jerman dan peserta kursus Bahasa Jerman LBI UI dan dapat diterapkan. Tujuan penelitian adalah untuk membuat rubrik penilaian yang mencakup kriteria penilaian yang sesuai dengan GeR dan untuk mengevaluasi apakah rubrik penilaian itu sesuai dengan tujuan pembelajaran bagi mahasiswa Sastra Jerman dan peserta kursus Bahasa Jerman LBI UI dan dapat diterapkan. Dalam merumuskan dan menguji kesesuaian rubrik penilaian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membuat rubrik penilaian yang mengandung nilai objektivitas, validitas, dan reliabilitas diperlukan kriteria penilaian yang sesuai standar GeR dan tujuan pembelajaran.
Original language | English |
---|---|
Publication status | Published - 2017 |
Event | Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya - ID, Depok, Indonesia Duration: 1 Jan 2017 → … |
Conference
Conference | Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya |
---|---|
Country/Territory | Indonesia |
City | Depok |
Period | 1/01/17 → … |
Keywords
- Kemahiran, Menulis, Rubrik Penilaian, Kriteria Penilaian, Kesepakatan Uni Eropa.