Realitas yang Dirasakan Diciptakan di Media Sosial yang Menyebabkan Migrasi Buruh yang Diinduksi: Kasus Pelatihan Internal Teknis Indonesia di Jepang

Jeremy Ivander, Kurniawaty Iskandar, Frichicilia Grace Stahlumb

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tujuan penelitian ini mengeksplorasi fenomena migrasi tenaga kerja terinduksi ke Jepang dengan memeriksa bagaimana beberapa organisasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) memanipulasi media untuk membentuk persepsi positif tentang kualitas hidup pekerja asing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa media memiliki pengaruh terhadap penilaian individu peserta magang teknis Indonesia dalam membuat keputusan untuk bermigrasi ke Jepang. Peserta magang teknis Indonesia yang tidak mendapatkan informasi komprehensif tentang realitas pekerja asing di Jepang akan mendapatkan informasi yang menjanjikan tanpa kepastian tentang realitas sebenarnya. Manipulasi informasi melalui media untuk memancing calon peserta magang ke Jepang membentuk persepsi positif dari peserta melalui pembentukan 'realitas yang menjanjikan' tentang kehidupan sebagai pekerja di Jepang, tetapi kenyataan dari peserta tidak sesuai dengan yang diharapkan dan digambarkan oleh LPK di media sosial. Simpulan penelitian ini bahwa selain media sosial, hubungan peserta magang juga memainkan peran sebagai penyaring informasi dalam proses pengambilan keputusan.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)635-648
JournalKaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora
Volume7
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 30 Jun 2024

Keywords

  • Media Sosial
  • Migrasi Tenaga Kerja yang Diinduksi
  • Pemagang Kerja Indonesia
  • Penetapan Agenda
  • Pilihan Rasional

Cite this