Psikoedukasi Pasangan Lansia dengan Hipertensi dan Ansietas

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan psikoedukasi pada pasangan lansia dengan hipertensi dan ansietas. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus pada satu keluarga pasangan lansia sebagai klien dan pelaku rawatyangmengalami hipertensi dan ansietas. Instrumen yang digunakan berupa pengkajian jiwa lanjut dengan pendekatan model stres adaptasi stuart dan Self-Reporting Questionnaire (SRQ)-20, untuk mengukur kemampuan serta perubahan ansietas pasangan lansia sebelum dan setelah dilakukan psikoedukasi keluarga. Hasilpenelitian menunjukkan bahwapsikoedukasi pada pasangan lansia memberikan dampak peningkatan pengetahuan serta kemampuan perawatan hipertensi dan ansietas, pelaku rawatmampu mengelola stres dan beban dalam keluarga. Simpulan,penerapanpsikoedukasi keluarga dapatdigunakan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan klien dan pelaku rawat dalam melakukan perawatan hipertensi dan ansietas untuk dirinya sendiri serta anggota keluarganya.
Original languageIndonesian
JournalJournal of Telenursing (Joting)
Volume5
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 31 Jul 2023

Keywords

  • Ansietas
  • Hipertensi
  • Lansia
  • Psikoedukasi

Cite this