PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM SECARA OFFLINE DAN ONLINE TERHADAPPROGRAM PENSIUN PERTAMA DI PT TASPEN (PERSERO) CABANG BOGOR

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

PT TASPEN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan penyelenggaraan dan pengelolaan Program Pensiun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Program Pensiun bertujuan untuk memberikan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan pegawai saat berhenti bekerja atau memasuki usia pensiun. Salah satu jenis manfaat Program Pensiun yang diselenggarakan oleh PT TASPEN (Persero) adalah Program Pensiun Pertama yang bertujuan untuk memberikan hak pensiun setiap bulannya ketika peserta mencapai batas usia pensiun. Dalam pelaksanaan pengajuan klaim pensiun terdapat prosedur yang jelas dan sederhana untuk mencapai sistem pelayanan yang baik. Prosedur pengajuan di PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor dapat dilakukan secara offline yaitu dengan datang langsung ke kantor atau melalui mitra bayar dan secara online yaitu dapat mengajukan kapan saja dan di mana saja menggunakan aplikasi E-Klim. Penelitian ini menjelaskan kedua prosedur pengajuan klaim, baik secara offline mapun online, dan kemudian menjabarkan kualitas pelayanan dengan analisis SWOT secara kualitatif. Jika mengajukan secara offline, peserta harus datang langsung ke kantor PT TASPEN (Persero) sementara dalam pengajuan secara online peserta cukup mengunggah dokumen ke aplikasi E-Klim. Dari hasil analisis SWOT yang dilakukan, masih terdapat hambatan dalam proses pengajuan dan penyelesaian klaim, namun demikian kekuatan yang ada dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Original languageIndonesian
JournalJurnal Vokasi Indonesia
Volume10
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 30 Dec 2022

Keywords

  • Analisis SWOT
  • Klaim
  • Program Pensiun
  • Prosedur

Cite this