Program Intervensi Kognitif-Perilaku dalam Menurunkan Kecemasan Sosial di Lingkungan Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi kognitif-perilaku dalam menurunkan kecemasan sosial pada siswa SMA di lingkungan akademik. Intervensi ini disusun berdasarkan tiga level tujuan intervensi kognitif-perilaku yang dikemukakan oleh Stallard (2005). Penelitian ini menggunakan mixed method design, yaitu dengan menggabungkan data secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat sejauhmana kecemasan sosial subjek penelitian sebelum dan setelah pemberian intervensi kognitif-perilaku. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara terhadap subjek, guru dan teman sekolah dengan berpedoman pada tiga subskala kecemasan sosial dari La Greca dan Lopez (1998). Data kuantitatif diperoleh dengan mengukur tingkat kecemasan subjek menggunakan alat ukur Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) yang telah diadaptasi oleh Oktarani (2014). Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa intervensi kognitif-perilaku ini dapat menurunkan tingkat kecemasan sosial subjek di lingkungan akademik. Agar mendapatkan hasil penelitian yang optimal, penting untuk membangun kepercayaan terhadap subjek penelitian dan melibatkan orang lain di sekitar subjek saat intervensi dilakukan
Original languageEnglish
Journalinquiry: jurnal ilmiah psikologi
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint Dive into the research topics of 'Program Intervensi Kognitif-Perilaku dalam Menurunkan Kecemasan Sosial di Lingkungan Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this