Profil Pemain Game Online (Studi Etnografi 43 Pemain Game di Warnet JABODETABEK)

Devie Rahmawati, Dean Yulindra Affandi, Sri Rahayu, Rahmi Setiawati, Amelita Lusia

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar klaim kecanduan yang diberikan masyarakat terhadap para pemain game online tidak sepenuhnya tepat. Demikian juga halnya dengan berbagai kriteria kecanduan hasil studi ilmiah global. Melalui penelitian dengan pendekatan etnografi terhadap 43 pemain di warnet Jabodetabek ini, ditemukan bahwa perilaku pemain game online sarat dengan karakteristik lokal, yang membedakannya dengan stigma tentang profil pemain game yang selama ini berkembang di masyarakat dan media. Pemain game online di warnet justru memiliki sikap dan perilaku positif seperti manajemen waktu yang tertata, etika dalam pergaulan serta hadirnya sensitifitas terhadap individu di dalam dan di luar lingkungan sesama pemain game online.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2018
EventProsiding Seminar Nasional Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia - ID, Bengkulu, Indonesia
Duration: 1 Jan 2018 → …

Conference

ConferenceProsiding Seminar Nasional Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia
Country/TerritoryIndonesia
CityBengkulu
Period1/01/18 → …

Keywords

  • Game Online, Etnografi, Penjulukan, Budaya, Komunal.

Cite this