Profil Imunohistokimia Pasien Kanker Payudara yang Mendapat Kemoterapi Berbasis Antrasiklin di RSUD Kota Bogor

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan. Kanker payudara merupakan jenis kanker tersering dan penyebab kematian kanker utama pada perempuan. Pengobatan kanker payudara memerlukan pemeriksaan imunohistokimia (IHK) untuk menentukan prognostik dan prediktif. Namun, saat ini di Indonesia hanya terdapat 17 rumah sakit yang dapat melakukan pemeriksaan IHK. RSUD Kota Bogor seperti RS Tipe B lainnya belum memiliki fasilitas pemeriksaan IHK sehingga untuk melengkapai pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit rujukan. Karena keterbatasan, ada sebagian pasien yang tidak melanjutkan pemeriksaan IHK dan tetap mendapatkan kemoterapi berbasis antrasiklin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil IHK pasien kanker payudara yang mendapat regimen kemoterapi berbasis antrasiklin di RSUD Kota Bogor.

Metode. Penelitian deskriptif retrospektif melalui penelusuran data rekam medik pasien pasien kanker payudara periode Januari 2014 – Desember 2017 di RSUD Kota Bogor.

Hasil. Terdapat 174 Subjek penelitian yang terdiri dari 84 subjek (48%) dengan pemeriksaan IHK sedangkan 90 subjek (52%) tanpa pemeriksaan IHK. Adapun profil pemeriksaan IHK dari pasien kanker payudara yang mendapatkan kemoterapi berbasis antrasiklin pada periode Januari 2014 – Desember 2017 di RSUD Kota Bogor adalah tipe luminal 6(4%), HER2-enriched (18%), dan TNBC (18%).

Simpulan: Tipe Luminal merupakan subtipemolekuler terbanyak pada pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi berbasis antrasiklin di RSUD Kota Bogor. Namun karena keterbatasan, pada periode Januari 2014 - Desember 2017 pemeriksaan IHK baru dilakukan pada 48% pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi berbasis antrasiklin di RSUD Kota Bogor
Original languageEnglish
JournalJurnal Penyakit Dalam Indonesia
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Profil Imunohistokimia Pasien Kanker Payudara yang Mendapat Kemoterapi Berbasis Antrasiklin di RSUD Kota Bogor'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this