Abstract
Transformasi teknologi telah mengembangkan sebuah wadah baru untuk kegiatan bisnis yang dikenal sebagai social commerce, dimanaInstagrammenjadi social commerce terpopuler. Pada pemasaran produk melalui media sosial, mereksering menggunakanendorser dalam product endorsement. Salah satu endorser yang memberikan efek positif dalam product endorsementadalah makro-influenceryang memilikijangkauanpengikut yang lebar serta memiliki ciri khas dalam bentuk presentasi diri. Efektivitas yang dihasilkan menimbulkansebuah pertanyaan baru,bagaimanapresentasi dirimakro-influencerdalam melakukan product endorsement? Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. menggunakan metode kualitatif untuk melihat bagaimana presentasi diri influencerdalam product endorsement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan presentasi diri dalam konten product endorsement, makro-influencertidak menggunakan presentasi diri yang berbeda dengan unggahan non-endorsement. Influencerberusaha memasukkanstrategi endorsement dalam unggahannya. Temuan lainnya menunjukkan bahwa sebuah merekmemiliki andil dalam presentasi diri influencerdalam product endorsement
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 509-532 |
Journal | JURNAL STUDI KOMUNIKASI |
Volume | 5 |
Issue number | 2 |
DOIs | |
Publication status | Published - 2021 |