PRAKTIK PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU PADA SITUASI BENCANA: STUDI LITERATUR

Research output: Contribution to journalLiterature reviewpeer-review

Abstract

Latar belakang: Peristiwa bencana menempatkan bayi dan anak usia dini menghadapi situasi krisis salah satunya perihal kebutuhan makanan. Bantuan yang datang seringkali tidak memperhatikan makanan untuk kelompok usia tersebut, sehingga berbagai risiko penyakit akibat nutrisi akan berdampak pada bayi dan anak usia dini. Tujuan: Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui praktik MPASI pada berbagai situasi bencana. Metode: Penelusuran literatur menggunakan beberapa database online dengan kata kunci "infant and young child feeding”, “complementary feeding", disaster, emergencies, dan refugee. Filter Kriteria inklusi yang digunakan adalah berisi penelitian terkait MPASI, melibatkan anak usia 6-24 bulan pada situasi bencana, tahun pencarian dibatasi 10 tahun terakhir, artikel dapat diakses secara full text, dan artikel dalam Bahasa Inggris. Kriteria eksklusi yang ditetapkan adalah penelitian melibatkan anak berkebutuhan khusus dan artikel yang berisi systematic review . Hasil: Terdapat sembilan artikel yang lolos seleksi pada studi literatur ini.Tema yang muncul dari sembilan artikel tersebut adalah 1) pemberian MPASI di situasi bencana pada umumnya tidak mencapai Minimum Dietary Diversity; 2) terjadi kerawanan pangan;3) kondisi Water Supply, Sanitation, and Hygiene Promotion (WASH) sebagian besar buruk; dan 4) usia pengenalan MPASI kurang dari 6 bulan. Simpulan: Praktik pemberian MPASI di situasi bencana secara umum belum optimal. Bantuan yang diberikan selayaknya dapat menunjang pemberian MPASI sesuai standar
Original languageEnglish
Pages (from-to)558–575
JournalJurnal Perawat Indonesia
Volume5
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 30 May 2021

Keywords

  • anak usia dini
  • bayi
  • bencana
  • MPASI

Fingerprint

Dive into the research topics of 'PRAKTIK PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU PADA SITUASI BENCANA: STUDI LITERATUR'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this