TY - JOUR
T1 - Perubahan Pemasaran Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024 di Dapil Banten III Tangerang Raya
AU - Widodo, Akhmad syauqi
AU - Hidayat, Cecep
PY - 2024/6
Y1 - 2024/6
N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyebab penurunan perolehan suara yang dialami oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 di Wilayah Tangerang Raya. Tangerang Raya merupakan satu-satunya wilayah di Provinsi Banten yang berhasil dikuasai oleh PDI Perjuangan dalam hal perolehan suara, dan kontribusi dari wilayah ini juga yang menjadi faktor utama keberhasilan partai tersebut sehingga unggul di Banten pada Pemilu 2019. Untuk menganalisis fenomena penurunan perolehan suara yang dialami PDI Perjuangan, peneliti menggunakan konsep pemasaran politik melalui tiga pendekatan, yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Sementara, untuk memperoleh data dalam proses penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai sumber data primer dan studi literatur sebagai sumber data sekunder. Adapun, kesimpulan dari penelitian ini, push marketing dan pull marketing menjadi strategi pemasaran yang terdampak dari adanya dinamika politik di Tangerang Raya dan konflik internal partai terkait keretakan hubungan dengan Presiden Jokowi. Kedua hal tersebut membuat pemasaran politik PDI Perjuangan mengalami perubahan akibat hambatan sehingga terjadi adanya penurunan perolehan suara.
AB - Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyebab penurunan perolehan suara yang dialami oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 di Wilayah Tangerang Raya. Tangerang Raya merupakan satu-satunya wilayah di Provinsi Banten yang berhasil dikuasai oleh PDI Perjuangan dalam hal perolehan suara, dan kontribusi dari wilayah ini juga yang menjadi faktor utama keberhasilan partai tersebut sehingga unggul di Banten pada Pemilu 2019. Untuk menganalisis fenomena penurunan perolehan suara yang dialami PDI Perjuangan, peneliti menggunakan konsep pemasaran politik melalui tiga pendekatan, yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Sementara, untuk memperoleh data dalam proses penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai sumber data primer dan studi literatur sebagai sumber data sekunder. Adapun, kesimpulan dari penelitian ini, push marketing dan pull marketing menjadi strategi pemasaran yang terdampak dari adanya dinamika politik di Tangerang Raya dan konflik internal partai terkait keretakan hubungan dengan Presiden Jokowi. Kedua hal tersebut membuat pemasaran politik PDI Perjuangan mengalami perubahan akibat hambatan sehingga terjadi adanya penurunan perolehan suara.
KW - PDI Perjuangan
KW - Tangerang Raya
KW - Pemasaran Politik
UR - https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana/article/view/11675
U2 - 10.35706/jpi.v9i1.11675
DO - 10.35706/jpi.v9i1.11675
M3 - Article
SN - 2528-2069
VL - 9
SP - 1
EP - 20
JO - Jurnal Politikom Indonesiana
JF - Jurnal Politikom Indonesiana
IS - 1
ER -