Perubahan Paradigma Kelas Kemahiran Berbahasa Jepang Tingkat Madya Program Studi Jepang UI: Laporan Uji Coba, Progress, dan Hasil

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

The Japan Foundation telah membuat standar baru dalam pengukuran kemampuan berbahasa Jepang orang asing pembelajar bahasa Jepang yang dinamakan JF Standard. Standardisasi evaluasi bahasa JF Standard beracu pada paradigma tes bahasa berbasis CEFR. Untuk menghadapi JF Standard, Program Studi Jepang FIB UI telah mencoba untuk memfasilitasi mahasiswa peserta MK Bahasa Jepang VI dengan paradigma baru, yakni sesi pembacaan teks media massa dan audiovisual yang dijadikan sebagai bahan diskusi kritis dan presentasi dengan bahasa Jepang. Tulisan ini memaparkan metode, progress, dan hasil yang dicapai dari uji coba paradigma baru tersebut. Secara garis besar, ditemukan hasil sementara yang menunjukkan bahwa mahasiswa semester 6 Program Studi Jepang UI pada umumnya belum bisa memahami teks media massa dan diskusi secara spontan. Sesi pembacaan spontan teks media massa dan audiovisual menjadi sesi pembahasan teks yang masih harus dipandu oleh pengajar. Sesi presentasi dan diskusi belum mencapai target, yakni memaparkan pendapat kritis atas suatu isu dengan bahasa Jepang. Hal tersebut diduga karena paradigma kelas kemahiran berbahasa Jepang masih sangat terbiasa dengan standar JLPT yang sama sekali tidak mengevaluasi kemampuan produksi bahasa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk mengganti bahan ajar menjadi bahan-bahan ajar yang disusun berdasarkan JF Standard untuk kurikulum baru 2017.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventSeminar Nasional Pengajaran Bahasa 2017 - ID, Depok, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …

Conference

ConferenceSeminar Nasional Pengajaran Bahasa 2017
CountryIndonesia
CityDepok
Period1/01/17 → …

Keywords

  • JF Standard, Evaluasi, Pengajaran Bahasa Jepang.

Cite this