Pertumbuhan Bayi Berat Lahir Rendah yang Memperoleh Susu “Post Discharge Formula” Modifikasi Dibandingkan dengan Susu “Post Discharge Formula” Komersial

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Latar belakang. Bayi berat lahir rendah (BBLR) memiliki pertumbuhan berat badan (BB), panjang badan (PB) dan lingkar kepala (LK) yang terlambat pada saat keluar dari rumah sakit, sehingga memerlukan nutrisi yang khusus. Tujuan. Mengetahui hubungan antara pemberian susu PDF modifikasi dan susu PDF komersial, dengan peningkatan BB, PB dan LK pada saat usia satu dan dua bulan.
Metode. Penelitian ini bersifat studi uji klinis dengan randomisasi tanpa penyamaran. Hasil. Berat badan, panjang badan dan lingkar kepala bulan pertama dan kedua pada BBLR yang memperoleh susu PDF modifikasi tidak berbeda bila dibandingkan dengan yang memperoleh susu PDF komersial. Apabila diperhatikan secara seksama, tampak adanya kecenderungan peningkatan PB dan LK pada bulan pertama dan peningkatan BB, PB, LK yang lebih baik pada bayi yang memperoleh susu PDF modifikasi dibandingkan dengan susu PDF komersial. Pada penelitian kami tidak ada timbul reaksi simpang yang berarti. Kesimpulan. Pemberian susu PDF modifikasi dapat dijadikan alternatif untuk BBLR yang memerlukan susu PDF.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)89-93
JournalSari Pediatri
Volume10
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2008

Cite this