Perfeksionisme Maladaptif dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Berbakat Intelektual: Suatu Pendekatan Riset Campuran Sekuensial

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara perfeksionisme maladaptif dengan prestasi akademik pada mahasiswa berbakat intelektual. 86 mahasiswa berbakat intelektual yang diperoleh dari proses penjaringan dan penyaringan dari tiga Perguruan Tinggi Negeri terlibat sebagai subjek penelitian dalam studi kuantitatif. Kemudian, 8 mahasiswa berbakat intelektual dipilih dari hasil ekstrem studi kuantitatif sebagai subjek penelitian dalam studi kualitatif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian campuran sekuensial dengan studi kuantitatif mendahului studi kualitatif. Pengambilan data kuantitatif dilakukan dengan metode survei menggunakan Frost Multidimensional Perfectionism Scale dan self-report nilai IPK. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji regresi. Pengambilan data kualitatif dilakukan mengunakan wawancara semiterstruktur dan diolah menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perfeksionisme maladaptif memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi akademik. Hasil riset juga menemukan dinamika yang terjadi antara kedua variabel pada mahasiswa berbakat intelektual berbeda dengan mahasiswa pada umumnya.

Original languageEnglish
JournalJournal of Psychological Science and Profession
Publication statusPublished - 2020

Fingerprint Dive into the research topics of 'Perfeksionisme Maladaptif dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Berbakat Intelektual: Suatu Pendekatan Riset Campuran Sekuensial'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this