Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Administrasi Klinik (Studi Kasus : Klinik X di Kabupaten Malang)

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Klinik pratama yang didukung dengan sistem informasi manajemen yang baik merupakan hal yang penting di era ini. Klinik X merupakan klinik pratama dengan pelayanan Poli Umum dan KIA, UGD dan One Day Service. Dalam sebulan rata rata pasien berkunjung berjumlah 1500-2000 orang. Tenaga kesehatan yang ada berjumlah 9 orang. Sistem pencatatan dilakukan secara manual menggunakan kertas, sering terjadi double data. Hanya register yang dimasukkan kolom excel didalam komputer yang berguna menyimpan nomor rekam medis. Berdasarkan kotak saran, didapatkan keluhan pasien waktu tunggu yang lama. Oleh sebab itu disusunlah sistem informasi pelayanan dan administrasi klinik. Sistem dikembangkan menggunakan metode Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan prototyping. Tahap penyusunan dimulai dari tahap perancangan hingga desain. Hasil akhir dari sistem ini adalah informasi data pasien, dan pemeriksaan; dashboard terkait pasien, stok dan logistic klinik, serta keuangan klinik
Original languageIndonesian
Pages (from-to)265–277
JournalJurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Volume4
Issue number4
DOIs
Publication statusPublished - 29 Sept 2023

Keywords

  • Sistem Informasi
  • Klinik
  • Pelayanan
  • Administrasi

Cite this