PERANAN KEBERADAAN BIDAN DALAM RUJUKAN MATERNAL

Research output: Contribution to journalArticle

Abstract

Latar belakang: Program pembangunan kesehatan ibu di desa merupakan upaya untuk mendekatkan akses ibu pada pelayanan kesehatan sehingga diharapkan memperkecil terjadinya kematian ibu. Untuk memudahkan akses, penempatan tenaga bidan hingga ke desa merupakan hal yang penting untuk memberikan pertolongan persalinan normal dan rujukan yang diperlukan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan keberadaan bidan berdomisili di desa dalam melakukan rujukan komplikasi maternal melalui tempat kematian ibu sebagai ukuran kinerja rujukan.

Metode: Diambil 3493 kematian ibu yang merupakan separuh dari populasi dalam Sensus Penduduk Tahun 2010 yang tersebar di seluruh Indonesia yang kemudian ditindak lanjuti dengan Studi Tindak Lanjut Kematian Maternal 2012 untuk menggali data pemanfaatan pelayanan kesehatan. Kemudian dianalisis regresi logistik multivariat untuk mengetahui peranan masing-masing faktor terhadap tempat kematian ibu.

Hasil: analisis menemukan bahwa keberadaan bidan berdomisili di desa meningkatkan kemungkinan ibu meninggal di rumah sakit atau dapat mencegah kematian terjadi di rumah. Sedangkan faktor lain yang berperan yaitu anjuran merujuk dan akses.

Kesimpulan: Kebijakan penempatan bidan berdomisili di desa dalam kasus rujukan maternal sangat penting dan perlu didukung oleh semua pihak.
Original languageIndonesian
JournalJURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
Volume8
Issue number2
Publication statusPublished - 2014

Cite this