Penyusunan Rencana Strategis Bisnis RSUD Kebayoran Baru: Rencana Strategi Pemasaran

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Rumah sakit sebagai organisasi Kesehatan dengan banyak variasi produk layanan dan modal yang tidak sedikit memerlukan perencanaanyang strategis. Perencanaan strategis bisnis untuk mencapai tujuan di tengah persaingan seperti saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menyusun perencanaan strategis bisnis RSUD Kebayoran Baru. Metode penelitian dengan analisis deskriptif, pendekatan kualitatif yang mengolah data primer dan sekunder. dengan analisis SWOT, Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE). Melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan teknik Consensus Decision Making Group (CDMG) untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian Terbentukanya Draf Rencana Strategis Bisnis RSUD Kebayoran Baru, di mana saat ini RSUD Kebayoran baru berada di sel ke V Hold and Maintain, dengan strategi yang direkomendasikan adalah market penetration (penetrasi pasar) dan product development (pengembangan produk). Perlu pengembangan strategi marketing dalam rangka meningkatkan kunjungan pasien poli syaraf khususnya, meningkatkan pangsa pasar melalui kerja sama dengan asuransi swasta, travel agent, hotel atupun perusahaan lain disekitar. Strategi lainnya dengan melakukan seminar dan memantau engagement pasien dengan views, like, comment, share maupun angka kepuasan di Google review. Rekomendasi peningkatan kualitas layanan, meningkatkan periklanan/pemasaran di luar Gedung, dan komitmenyang kuat dari seluruh pimpinan dan staf demi keberhasilan pelaksanaan rencana strategis rumah sakit
Original languageIndonesian
Pages (from-to)6005-6020
JournalSyntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Volume8
Issue number10
Publication statusPublished - 25 Oct 2023

Keywords

  • RSUD
  • RSB
  • Pemasaran

Cite this