Peningkatan Pengetahuan 5S Pada IKM Otomotif Di Perusahaan Tier-3 Cikarang-Bekasi

DONNY OKTAVIAN SYAH, Agung Edi Rustanto, Teddy Setiady

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Salah satu tujuan pengabdian masyarakat (PkM) adalah ada untuk meningkatkan pemahaman para
karyawan meningkat dalam penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) dalam proses
produksi di tempat kerja. 5S merupakan hal penting dalam industri manufaktur termasuk, IKM otomotif. Diharapkan dari pengabdian masyarakat ini, kinerja perusahaan sebagai perusahaan tier-3 di pembuatan komponen otomotif akan meningkat. Metode yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman karyawan terhadap penerapan 5S yaitu melalui pelatihan-pelatihan dengan teknik ceramah dan diskusi komunikasi 2 arah dan melalui pendampingan secara berkelanjutan selama 2 bulan. Lokasi PkM ini dilakukan di PT Izumi yang berlokasi di Cikarang, Bekasi. Pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan
kinerja perusahaan selaku supplier tier-3 yang notabene menjadi bagian global value chain di industri otomotif.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume2
Issue number1
Publication statusPublished - 8 Dec 2022

Keywords

  • Penerapan 5S, IKM Otomotif, Perusahaan Tier - 3

Cite this