TY - JOUR
T1 - PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN MODEL BISNIS DAN OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL MELALUI PELATIHAN MODEL BISNIS DAN PROMOSI BAGI UMKM
AU - Chairina, Putri
AU - Kusumastuti, Retno
AU - Rusfian, Effy zalfiana
PY - 2022/4
Y1 - 2022/4
N2 - Disrupsi teknologi dan iklim bisnis yang semakin kompetitif membuat setiap UMKM perlu memiliki kemampuan untuk mengembangan model bisnis yang adaptif. Kecenderungan konsumen untuk mengakses media digital dalam melakukan pencarian informasi mengenai brand membuat setiap bisnis perlu memperhatikan strategi digital marketing. Kegiatan pengabdian yang dilakukan melalui pelatihan daring ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan model bisnis dan optimalisasi media sosial. Mitra pengabdian adalah Saudari Grace Sisca Sibarani, seorang pengusaha yang menjual serbuk kopi dalam kemasan. Pelatihan dilakukan dalam dua hari. Hari pertama diisi dengan pembukaan pelatihan dan penyampaian materi pengembangan model bisnis. Hari kedua diisi dengan praktik pengembangan model bisnis dan penyampaian materi optimalisasi media sosial untuk promosi. Evaluasi kegiatan ini dilakukan melalui wawancara . Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa peserta sudah mencapai 87% penguasaan terhadap materi.
AB - Disrupsi teknologi dan iklim bisnis yang semakin kompetitif membuat setiap UMKM perlu memiliki kemampuan untuk mengembangan model bisnis yang adaptif. Kecenderungan konsumen untuk mengakses media digital dalam melakukan pencarian informasi mengenai brand membuat setiap bisnis perlu memperhatikan strategi digital marketing. Kegiatan pengabdian yang dilakukan melalui pelatihan daring ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan model bisnis dan optimalisasi media sosial. Mitra pengabdian adalah Saudari Grace Sisca Sibarani, seorang pengusaha yang menjual serbuk kopi dalam kemasan. Pelatihan dilakukan dalam dua hari. Hari pertama diisi dengan pembukaan pelatihan dan penyampaian materi pengembangan model bisnis. Hari kedua diisi dengan praktik pengembangan model bisnis dan penyampaian materi optimalisasi media sosial untuk promosi. Evaluasi kegiatan ini dilakukan melalui wawancara . Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa peserta sudah mencapai 87% penguasaan terhadap materi.
KW - Model Bisnis
KW - Optimalisasi Media Sosial
KW - Promosi
KW - UMKM
UR - http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6917
U2 - 10.31764/jmm.v6i2.6917
DO - 10.31764/jmm.v6i2.6917
M3 - Article
SN - 2598-8158
VL - 6
SP - 963
EP - 977
JO - JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
JF - JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
IS - 2
ER -