TY - JOUR
T1 - Penilaian Perkembangan Anak Usia 0-36 bulan menggunakan Metode Capute Scales
AU - Hertanto, Martin
AU - Shihab, Nahla
AU - Ririmasse, Maelissa P.
AU - Ihsan, Nashrul
AU - Rachmasari, Maulina
AU - Wijaya, M. Triadi
AU - Putri, Melyarna
AU - Sekartini, Rini
AU - Wawolumaja, Corrie
PY - 2009
Y1 - 2009
N2 - Latar belakang. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak amatlah penting. Mengetahui secara dini gangguan perkembangan diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik. Berbagai metode untuk mendeteksi gangguan perkembangan pada anak, antara lain metode Capute Scales (CAT/CLAMS) adalah uji tapis spesifik menilai kemampuan komunikasi dan fungsi kognitif untuk anak berusia 0-36 bulan.Tujuan. Mengetahui hubungan antara beberapa faktor risiko terjadinya gangguan perkembangan dengan status perkembangan anak usia 0-36 bulan.Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah potong lintang. Pemeriksaan dilakukan terhadap 75 anak di RW 03, Kelurahan Pulo Gadung menggunakan skrining CAT/CLAMS dan pertanyaan tersebut diajukan kepada ibu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.Hasil. Diperoleh status perkembangan normal sebesar 84%, suspek gangguan perkembangan 13,3%, gangguan komunikasi 3%, dan tidak ditemukan subjek yang mengalami retardasi mental. Sejumlah faktor risiko yang diteliti adalah jenis kelamin, pemberian ASI eksklusif, urutan anak, usia ibu saat hamil, pendidikan ibu atau pengasuh, jumlah anak, jumlah penghasilan keluarga dan bentuk keluarga. Secara statistik tidak ada faktor risiko yang bermakna.Kesimpulan. Jenis kelamin laki-laki, tidak mendapat ASI eksklusif, ibu dengan tingkat pendidikan tinggi, jumlah anak lebih dari dua, bentuk keluarga inti mempunyai kecenderungan lebih besar menderita status perkembangan yang tidak normal. Namun tidak dapat dibuktikan hubungan bermakna secara statistik antara faktor-faktor yang diteliti dengan status perkembangan anak.
AB - Latar belakang. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak amatlah penting. Mengetahui secara dini gangguan perkembangan diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik. Berbagai metode untuk mendeteksi gangguan perkembangan pada anak, antara lain metode Capute Scales (CAT/CLAMS) adalah uji tapis spesifik menilai kemampuan komunikasi dan fungsi kognitif untuk anak berusia 0-36 bulan.Tujuan. Mengetahui hubungan antara beberapa faktor risiko terjadinya gangguan perkembangan dengan status perkembangan anak usia 0-36 bulan.Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah potong lintang. Pemeriksaan dilakukan terhadap 75 anak di RW 03, Kelurahan Pulo Gadung menggunakan skrining CAT/CLAMS dan pertanyaan tersebut diajukan kepada ibu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.Hasil. Diperoleh status perkembangan normal sebesar 84%, suspek gangguan perkembangan 13,3%, gangguan komunikasi 3%, dan tidak ditemukan subjek yang mengalami retardasi mental. Sejumlah faktor risiko yang diteliti adalah jenis kelamin, pemberian ASI eksklusif, urutan anak, usia ibu saat hamil, pendidikan ibu atau pengasuh, jumlah anak, jumlah penghasilan keluarga dan bentuk keluarga. Secara statistik tidak ada faktor risiko yang bermakna.Kesimpulan. Jenis kelamin laki-laki, tidak mendapat ASI eksklusif, ibu dengan tingkat pendidikan tinggi, jumlah anak lebih dari dua, bentuk keluarga inti mempunyai kecenderungan lebih besar menderita status perkembangan yang tidak normal. Namun tidak dapat dibuktikan hubungan bermakna secara statistik antara faktor-faktor yang diteliti dengan status perkembangan anak.
UR - https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/606
U2 - 10.14238/sp11.2.2009.130-5
DO - 10.14238/sp11.2.2009.130-5
M3 - Article
SN - 0854-7823
VL - 11
SP - 130
EP - 135
JO - Sari Pediatri
JF - Sari Pediatri
IS - 2
ER -