Pengetahuan guru terkait manajemen kedaruratan gigi avulsi pada siswa sekolah dasar

Translated title of the contribution: Teachers’ knowledge regarding emergency management of tooth avulsion in elementary school students

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan: Cedera akibat trauma pada gigi sering terjadi pada murid di sekolah. Guru adalah orang pertama yang bertanggungjawab merespon kejadian ini. Para guru perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang penanganan kedaruratannya. Manajemen kedaruratan yang tepat pada kejadian ini akan meningkatkan prognosa gigi yang cedera. Tujuan penelitian mengetahui pengetahuan guru sekolah dasar terkait manajemen kedaruratan gigi avulsi. Metode: Penelitian deskriptif dengan desain cross sectional yang dilakukan di Kota Pontianak Kalimantan Barat dengan mengikutsertakan 378 guru sekolah dasar negeri yang dipilih secara purposive sampling. Penilaian terhadap pengetahuan guru dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari beberapa penelitian yang diadaptasi lintas budaya. Analisis data dilakukan dengan menghitung distribusi frekuensi relatif. Hasil: Sebanyak 77,51 % responden belum pernah mendapatkan pelatihan atau informasi tentang manajemen kedaruratan cedera trauma dental. Hanya 28,84% responden yang mengetahui bahwa gigi avulsi masih dapat diselamatkan dan dikembalikan ke posisi semula. 22,22% responden tidak mengetahui waktu berpengaruh dalam menyelamatkan gigi avulsi. 8,99% tidak mengetahui media yang tepat untuk membawa gigi yang avulsi. 78,4% yakin bahwa setelah mendapatkan pelatihan, mereka dapat melakukan pertolongan pertama pada kejadian cedera trauma dental. Simpulan: Pengetahuan guru sekolah dasar di Kota Pontianak terkait manajemen kedaruratan gigi avulsi masih kurang,
Translated title of the contributionTeachers’ knowledge regarding emergency management of tooth avulsion in elementary school students
Original languageIndonesian
Pages (from-to)1-7
JournalPadjadjaran Journal of Dental Researchers and Students
Volume6
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 31 Oct 2022

Keywords

  • pengetahuan
  • guru sekolah
  • trauma gigi
  • gigi avulsi

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Teachers’ knowledge regarding emergency management of tooth avulsion in elementary school students'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this