Pengendalian Hak Akses pada Electronic Document and Records Management System di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Nina Mayesti

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract



Artikel ini membahas Electronic Document and Records Management System (EDRMS) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. KKP telah mengimplementasikan EDRMS bernama Sistem Kearsipan (SIKap) sejak tahun 2012, untuk menunjang pengelolaan rekod elektronik. Fokus pembahasan artikel ini adalah bagaimana KKP mengendalikan akses terhadap rekod elektronik di SIKap, dalam rangka menjaga keamanan sistem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persyaratan EDRMS dari International Council of Archives (ICA) yang dipenuhi oleh SIKap terkait keamanan rekod elektronik dalam sistem, serta bagaimana hal tersebut diimplementasikan. Data didapatkan melalui observasi partisipatif yang dilakukan berdasarkan persyaratan fungsional EDRMS yang ditetapkan ICA terkait dengan pengendalian akses dan keamanan dalam sistem, yaitu persyaratan nomor 91 hingga 107. Data pelengkap didapatkan melalui wawancara yang dilakukan dengan arsiparis. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa SIKap mengaplikasikan kebijakan terkait dengan pengendalian akses dan keamanan pada rekod elektronik dalam sistem, yang dikontrol oleh admin. Dari 17 persyaratan yang ditetapkan, 13 persyaratan dipenuhi oleh SIKap, meskipun perlu dilakukan penyesuaian terlebih dahulu agar dapat memenuhi kebutuhan pengelolaan rekod di KKP. Akses dan keamanan pada rekod elektronik di SIKap dikendalikan oleh admin dengan cara mengaplikasikan lapisan keamanan ke masing-masing rekod elektronik dan pengguna sistem, untuk memastikan pengguna hanya dapat mengakses rekod yang dibuka aksesnya untuk mereka.
Original languageEnglish
JournalLentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Pengendalian Hak Akses pada Electronic Document and Records Management System di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this