Pengelolaan Arsip Pribadi Mahasiswa Vokasi untuk Memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Research output: Contribution to conferencePaper

Abstract

Pengelolaan arsip pribadi yang baik sangat penting untuk mendukung mahasiswa vokas mendapatkan SKPI.SKPI adalah surat yang menerangkan kualifikasi atau kompetensi dari jazah yung diterbitkan. Cara pengelolaan arsip pribadi dalam bentuk piagam, sertifikat, dan surar keterangan dapar dinunggah ke sistem informasi yang mengelola SKPI. Sedangkan untuh arsip fisk dapar dikelola dengan sistem kronologis ataupun sistem subyek. Cara mahasiswa vokasi memperoleh SKPI melalui pengajuan dokumen prestasi pribadi ke pihak universitas melalui jalur online ataupun jalur manual. Pengelolaan dokumen pribadi menjadi hal utama untuk menentukan apakah mahasiswa akan memperoleh SKPI sesuai dengan prestasi dan kegiatan yang dicapainnya selama menjalani pendidikan vokasi. Terdapat beberapa kendala penyelenggara pendidikan perguruan tinggi vokasi maupun kendala dari sisi mahasiswa. Kesimpulan dari makalah ini adalah mahasiswa harus mengarsipkan dengan baik dokumen prestasi pribadi untuk agar memperoleh SKPI. Untuk pengarsipan dokumen perlu langkah pengelolaan arsip sehingga dokumen fisik mapun digital dapat menunjang peroleh SKPI. Bagi institusi pendidikan vokasi, penting untuk mengadakan sistem informasi agar penerbitan SKPI dapat lebih mudah dan terorganisir dengan baik.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventSeminar Nasional FPTVI 2017 - ID, Bali, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …

Conference

ConferenceSeminar Nasional FPTVI 2017
CountryIndonesia
CityBali
Period1/01/17 → …

Keywords

  • SKPI, arsip pribadi, sistem kronologis,sistem subyek, dokumen akademik, dokumen non-akademik

Cite this