TY - JOUR
T1 - PENGARUH TRAIT CONSCIENTIOUSNESS, LEADER-MEMBER EXCHANGE DAN MASA KERJA TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN GURU SMA
AU - Murniasih, Farhanah
AU - Seniati, Ali Nina Liche
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait conscientiousness guru, leader-member exchange, dan masa kerja guru terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada 228 guru Sekolah Menengah Atas yang mengajar di wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis multiple regression. Desain penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling. Perilaku berbagi pengetahuan diukur dengan menggunakan Skala Perilaku Berbagi Pengetahuan, trait conscientiousness diukur dengan menggunakan skala NEO-4, serta persepsi kualitas hubungan atasan dan bawahan diukur dengan menggunakan skala Leader-Member Exchange Multi-Dimensional (LMX-MDM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa trait conscientiousness guru dan leader-member exchange guru berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan pada guru SMA, namun lama kerja ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru. Trait conscientiousness guru memiliki sumbangan paling besar terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru.
AB - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait conscientiousness guru, leader-member exchange, dan masa kerja guru terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada 228 guru Sekolah Menengah Atas yang mengajar di wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis multiple regression. Desain penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling. Perilaku berbagi pengetahuan diukur dengan menggunakan Skala Perilaku Berbagi Pengetahuan, trait conscientiousness diukur dengan menggunakan skala NEO-4, serta persepsi kualitas hubungan atasan dan bawahan diukur dengan menggunakan skala Leader-Member Exchange Multi-Dimensional (LMX-MDM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa trait conscientiousness guru dan leader-member exchange guru berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan pada guru SMA, namun lama kerja ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru. Trait conscientiousness guru memiliki sumbangan paling besar terhadap perilaku berbagi pengetahuan guru.
UR - http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/2452
M3 - Article
SN - 2580-6793
JO - Jurnal Diversita
JF - Jurnal Diversita
ER -