PENGARUH PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION TERHADAP PERUBAHAN ANSIETAS PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WHERDA KABUPATEN BUNGO

Mareta Akhriansyah, Budi Anna Keliat, Feri Fernandes

Research output: Chapter in Book/Report/Conference proceedingChapter

Abstract

Usia tua memungkinkan mengalami kemunduran fisik yang dapat mempengaruhi psikologis pada lansia seperti ansietas. Prevalensi ansietas di negara berkembang pada usia dewasa dan lansia sebanyak 50% serta sekitar 80% dari klien depresi dan 90 % dari klien tersebut ansietas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi Progressive Muscle Relaxation (PMR) terhadap ansietas pada lansia di PSTW. Desain penelitian Quasi Experimental Pre-Post Test With Control Grup. Pengambilan sampel dilakukkan dengan teknik simple random sampling dimana 84 orang lansia, 42 orang lansia kelompok intervensi yang diberikan terapi generalis dan PMR dan 42 orang lansia kelompok kontrol yang hanya diberikan terapi generalis. Hasil penelitian ditemukan penurunan ansietas dengan nilai (p value < 0,05). Study ini menunjukkan ada perbedaan yang bermakna setelah diberikan terapi PMR pada kelompok intervensi. Terapi generalis dan PMR direkomendasikan sebagai terapi keperawatan lanjutan dalam merawat lansia dengan ansietas.
Original languageIndonesian
Title of host publicationProceeding Seminar Nasional Keperawatan
PublisherProgram Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
ISBN (Electronic)2685-4449
Publication statusPublished - 2018

Cite this

Akhriansyah, M., Keliat, B. A., & Fernandes, F. (2018). PENGARUH PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION TERHADAP PERUBAHAN ANSIETAS PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WHERDA KABUPATEN BUNGO. In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.