Pengaruh Pelatihan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) terhadap Penerapan Pilar I Pendekatan Manajemen dan Pilar IV Sistem Pemberian Asuhan Keperawatan Perawat di Rumah Sakit X Kotamobagu

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

MPKP merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit dalam pelayanan keperawatan untuk meminimkan kesalahan atau kelalaian yang dapat terjadi. MPKP suatu system (struktur, proses dan nilai-nilai professional) yang memungkinkan perawat profesional mengatur asuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan model praktek keperawatan profesional (MPKP) terhadap penerapan pilar I pendekatan manajemen dan pilar IV sistem pemberian asuhan keperawatan perawat di Rumah Sakit X Kotamobagu. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan yaitu praeksperimen one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian berjumlah 75 responden. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pilar I pendekatan manajemen (element perencanaan, perorganisasian, pengarahan, pengendalian) dan pilar IV sistem pemberian asuhan keperawatan (element pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, tindakan, evaluasi, catatan keperawatan) sebelum dan setelah pelatihan MPKP terdapat perbedaan; Hubungan pilar I antara usia (pvalue: 0,032), pendidikan (pvalue: 0,000), lama kerja (pvalue: 0,042) membuktikan ada hubungan bermakna (P<0,05) sedangkan jenis kelamin (pvalue: 0,195) tidak ada hubungan bermakna (p >0,05); hubungan pilar IV antara usia (pvalue: 0,71), jenis kelamin (pvalue: 0,316), membuktikan bahwa tidak ada hubungan bermakna (p>0,05) sedangkan pendidikan (pvalue: 0,020), lama kerja (pvalue: 0,032) membuktikan ada hubungan bermakna (P<0,05); penerapan pilar I dan pilar IV sebelum dan setelah pelatihan MPKP terdapat perbedaan di setiap element (pvalue: 0,000). Hasil coefisien regresi diperoleh variabel pre, usia, jenis kelamin, pendidikan, lama kerja pada pilar I R Square=0,624 dan pilar IV R Square = 0,725 artinya berkontribusi mempengaruhi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan MPKP pada semua kepala ruang, katim dan perawat pelaksanaan sosialisasi atau update terkini penerapan MPKP secara kontinue oleh RS.
Original languageEnglish
JournalMPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion
Publication statusPublished - 2020

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Pengaruh Pelatihan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) terhadap Penerapan Pilar I Pendekatan Manajemen dan Pilar IV Sistem Pemberian Asuhan Keperawatan Perawat di Rumah Sakit X Kotamobagu'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this