Abstract
Pemilihan warna merupakan aspek penting dalam membeli pakaian, namun tidak banyak penelitian yang menghubungkan warna dalam ilmu fashion dan pemasaran. Penelitian ini menganalisis atribut influencer pada persepsi karakteriasi pengikut sehingga terbentuk persepsi nilai pelanggan untuk menemukan niat beli, dan preferensi warna pakaian pada Generasi Z di Indonesia. Dengan jumlah sampel 388 responden, peneliti menggunakan strategi deskriptif kuantitatif. untuk mengumpulkan data primer dengan meminta peserta survei mengisi kuesioner. Pendekatan Structural Equation Model (SEM) kemudian akan digunakan untuk memeriksa data yang dikumpulkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak semua variabel berpengaruh positif terhadap minat beli pada preferensi warna pakaian dan warna pakaian yang paling diminati adalah warna pink, biru, dan kuning. Untuk menghindari limbah produk dan meningkatkan efektivitas pemasaran, profesional pemasaran dapat menggunakan penelitian ini sebagai sumber yang berguna saat memilih warna pakaian yang akan diproduksi.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 1487-1509 |
Journal | COSTING : Journal of Economic Bussines and Accounting |
Volume | 7 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - 15 Sept 2023 |