Abstract
Penelitian ini merupakan narrative review dari organisasi pembelajar dengan tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh akreditasi puskesmas/fasilitas ikesehatan dalam membangun organisasi pembelajar (learning organization) mencapai service excellent. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan kategori data sekunder. Sumber datai diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pelaksanaan akreditasi puskesmas merupakan salah satu fokus revitalisasi puskesmas yang sesuai dengan arah kebijakan penguatan pelayanan kesehatan. Pengukuran tingkat kepuasan pasien menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dengan pengukuran mutu layanan kesehatan. Pelayanan prima (service excellent) berpengaruh terhadap kepuasanipasien. Pelayanan prima puskesmas dapat terwujud ketika tenaga kerja puskesmas terus-menerus memperluas kapasitas mereka untuk menciptakan hasil yang diinginkan, di mana pola-pola baru idan pola berpikir dikembangkan, aspirasi kolektif dibebaskan, dan orang terus-menerus belajar bagaimana belajar bersama, atau dapat diartikan pula dengan learning organization
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 222-228 |
Journal | Jurnal Darma Agung |
Volume | 30 |
Issue number | 2 |
DOIs | |
Publication status | Published - Aug 2022 |
Keywords
- Akreditasi Puskesmas
- Organisasi Pembelajar
- Service Excellent