Penerapan teknik shaping untuk meningkatkan kemampuan on-task pada anak dengan masalah atensi

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Abstrak. Kemampuan mempertahankan atensi terlihat pada on-task behavior, dimana anak mampu mengerjakan tugas tanpa melakukan kegiatan lain yang tidak berkaitan. On-task behavior menjadi target perilaku yang ingin diintervensi pada S, anak laki-laki berusia 4 tahun 5 bulan dengan diagnosa Attentional Disorder (ICDL-DMIC). Berdasarkan pemeriksaan, rentang atensinya berada dibawah taraf rata-rata anak seusianya dan terlihat dari kesulitannya dalam menyelesaikan kegiatan. Penelitian single-subject ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari penerapan teknik shaping dalam meningkatkan durasi on-task behavior pada anak dengan masalah atensi, dengan hipotesa teknik shaping mampu meningkatkan durasi on-task behavior. Terdapat peningkatan durasi saat intervensi diberikan. Dalam intervensi ini, orangtua memiliki peran besar sebagai pemberi prompt dan reinforcement untuk mempermudah proses generalisasi.

Kata Kunci: Shaping, On-Task Behavior, Attentional Disorder
Original languageEnglish
JournalSeurune : Jurnal Psikologi Unsyiah
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Penerapan teknik shaping untuk meningkatkan kemampuan on-task pada anak dengan masalah atensi'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this