Abstract
Perilaku on-task merupakan segala perilaku yang bertujuan untuk menyelesaikan tugas sehingga berperan penting dalam pencapaian akademik pada anak. Anak dengan underachiever umumnya memiliki masalah dalam menampilkan perilaku on- task. Sebaliknya, mereka cenderung untuk menampilkan perilaku off-task yang didefinisikan sebagai perilaku melakukan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan tugas atau aktivitas yang sedang dijalani. Perilaku on-task dapat ditingkatkan dengan metode self-monitoring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas teknik self-monitoring dalam meningkatkan perilaku on-task pada anak underachiever. Penelitian ini menggunakan desain penelitian subyek tunggal A-B dengan follow-updengan partisipan penelitian adalah anak laki-laki underachiever berusia 9 tahun dengan IQ rata-rata atas yang cenderung menampilkan perilaku off-task ketika dihadapkan pada suatu tugas atau aktivitas. Penelitian ini terdiri dari 10 sesi dan hasil menunjukkan bahwa teknik self-monitoring dapat meningkatkan perilaku on-task dari 60% menjadi 90% dan efek pemberian intervensi bertahan hingga tahap follow-up.
Original language | Indonesian |
---|---|
Journal | Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah |
Publication status | Published - 2019 |