Pendekatan Social Construction of Technology untuk Teknologi Pendidikan di Indonesia

Irwanto, Irwansyah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Teknologi membantu para pendidik untuk melakukan pendidikan jarak jauh, atau yang dikenal dengan istilah PJJ, di tengah bencana alam atau bencana sosial. Namun, tingkat literasi digital sebagian besar guru di Indonesia belum berada pada tingkat lanjut. Teknologi masih dikenal sebagai sesuatu yang rumit sedangkan mereka berharap dapat mengejar Net Generations, generasi yang melihat teknologi sebagai alam kedua. Tujuan penelitian ialah untuk memahami pentingnya memahami pendekatan teknologi dalam pendidikan. Analisis data sekunder dilakukan untuk menawarkan perspektif baru pada penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Social Construction of Technology (SCOT) lebih selaras dengan karakter bangsa Indonesia secara sosio-ekonomi dan teknologi dapat diimplementasikan berdasarkan model SAMR guna memperlengkapi pemahaman dasar tentang teknologi pendidikan dan mempermudah pemetaan keterampilan literasi digital bagi pendidik Indonesia dalam menyelenggarakan pendidikan.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)28-41
JournalMedia Komunikasi FPIPS
Volume19
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 2020

Keywords

  • Literasi Digital
  • Net Generation
  • Teknologi Konstruksi Sosial

Cite this